Tips Membuat Judul Skripsi bidang Informatika dan Sistem informasi

sumber: twitter Galau Judul Skripsi

sumber: twitter Galau Judul Skripsi

Secara umum Judul Skripsi merupakan pernyataan singkat tentang masalah/penelitian yang diangkat namun mampu menggambarkan keseluruhan masalah tersebut (baik masalah variabelnya, subyek/obyek, tempat dan waktu penelitian sesuai jenis penelitian). Justru pernyataan singkat inilah seseorang peneliti atau mahasiswa yang mengajukan judul skripsi harus pandai-pandai memilih kata sebagai redaksional judul agar senantiasa menarik, jelas dan padat. Sebaiknya judul kata tidak lebih dari 20 kata (red. Setiap instansi tentu mempunyai aturan berbeda).

baca Juga : Mencari dan Menemukan Judul Skripsi

Ada beberapa kaidah dalam menuliskan judul skripsi, diantaranya adalah.

  1. Judul jelas dan tidak bermakna ganda/jamak atau umum.

Dalam bidang informatika dan sistem informasi banyak dikenal model teknologi seperti teknologi dekstop, teknologi web, teknologi mobile dan lainnya. Dahulu mahasiswa skripsi mengambil judul skripsi berbasis teknologi web, meskipun sangat keren teknologi web ini sangat umum untuk era saat ini, oleh karena itu perlu dispesifikkan misalnya ditambahi teknologi web menggunakan C.I, Lavarel, Model Responsif, Model MVC, HTML5 dan sebagainya, mengikuti tren teknologi saat ini. Misalnya, merancang teknologi marketplace berbasis web dengan CodeIgniter/atau metode MVC dan lainnya. Sehingga dengan demikian judul lebih jelas dan spesifik.

  1. Lebih baik Spsifik tapi mendalam dari pada luas tapi dangkal.

Melanjutkan point satu, Dalam konteks sistem dan teknologi informasi, Spesifik tapi mendalam itu ibarat nya fokus bidang risetnya menjadi sangat jelas dan kongkrit, misalnya, untuk judul “rancang bangun sistem informasi geografis menggunakan open source gis Grass untuk pemetaan suara pada Pilkada di kabupaten jombang”. Judul tersebut cukup spesifik, pertama dari tema tentang membuat SIG, 2. SIG yang opensource, kemudian Pakai opensource gis Grass, kemudian data dan studi kasus atau obyek penelitiannya pilkada kab. Jombang. Bandingkan dengan judul “rancang bangun sistem informasi grografis untuk pemetaan suara pemilihan gubernur di propinsi Jawa Tmur”. Dari segi teknologi Judul kedua itu sangat umum namun obyeknya luas, akibatnya lebih banyak membutuh waktu mencari datanya dibanding fokus kepada keahlian sistem dan teknologi informasinya.

  1. Aktual Dan Menarik

Reviewer akan sangat memperhatikan ajuan judul skripsi jika mempunyai sesuatu yang aktual, aktual itu sesuatu yang lagi ramai diperbincangkan atau menjadi issu, misalkan yang ramai dibicarakan adalah soal marketplace dan teknologi yang digunakan adalah teknologi cloud, nah bisa kok keduanya digabungkan menjadi judul yang menarik, atau bisa jadi cukup salah satunya. Misalnya merancang dan membuat teknologi marketplace dengan html5 atau berbasis cloud server.

  1. Terdapat Landasan konsep/teori yang mendukung.

Dibidang komputer, informatika dan sistem informasi, landasan konsep teori sangat banyak dan mudah dicari/ditelusuri, harusnya ini menjadi kemudahan mahasiswa dalam membuat judul skripsi. Skripsi yang tidak ada landasan teorinya akan sangat sulit untuk diangkat dan diterima. Misalnya judulnya evaluasi penggunaan teknologi website di abcd, maka butuh teori-teori yang berkaitan dengan evaluasi, model teknologi website dan lainnya. Oleh karena disini penting explorasi studi literatur, membaca jurnal ilmiah, buku dan majalah. Jika penelitian berkaitan dengan suatu teori tertentu akan lebih baik jika variabel variabelnya juga jelas.

  1. Bisa / mampu diteliti, terukur dengan baik dan menjawab persoalan.

Ada judul yang menarik, bombastis tetapi di tolak, hal ini reviewer akan mempertimbangkan kemampuan peneliti, jangan sampai setelah di acc justru tidak bisa diselesaikan dengan baik, mangkrak dan akhirnya gak lulus.

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan dalam menuliskan dan mengajukan judul, nah hal tersebut semoga memapu membantu mahasiswa dan dosen dalam mempertimbangkan judul.  Apakah ada lagi selain yang disebutkan diatas? Iya Masih ada, insyallah lain waktu disambung lagi.

Facebook Twitter Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *