Soal Uas Technopreniurship 2

Nama Dosen   : Mohamad Ali Murtadho

Kelas /SKS      : B, 4 sks

Sifat                : Take Home dan Online

Petunjuk Pengerjaan

  1. Soal di Upload di website kangali.com
  2. Mahasiswa mengerjakan jawaban di laptop atau di PC disimpan dengan dalam format .doc dan diberi nama dengan format NIM_Nama_Technopreniurship_2
  3. Setelah itu mahasiswa memposting jawaban dikolom komentar artikel/ dibawah soal diawali dengan hastag NIM dan Nama
  4. Selain itu mahasiswa mensubmit jawaban ke-email alimurtadho@ft.unipdu.ac.id dengan subyek NIM_Nama_jawaban uas Kelas B
  5. Mahasiswa dilarang mencotentek dan mengcopy paste jawaban orang lain, Jika ada jawaban yang sama maka jawaban yang pertama yang diakui atau
  6. Peserta boleh mengkomentari, mendebat, mengkritik jawaban peserta lainnya di kolom komentar web tersebut dan berhak mendapatkan point tambahan dengan syarat sudah memposting jawabannya terlebih dahulu.
  7. Peserta tetap hadir pada sesi UAS sesuai jadwal uang untuk melakukan tanda tangan kehadiran dengan syarat sudah memposting jawaban dan mengirimkan jawaban ke email dan menunjukkan kepada petugas jaga dan pengawas UAS

soal Technopreniurship 2 (e-commerce dan Digital Marketing)

Model bisnis yang berbasis “jual beli” semakin berkembang mulai dari dari model Online shop, ecommerce hingga marketplace.

  1. Berikan contoh manakah yang termasuk dalam model online shop, e-commerce, dan marketplace. (Skor 25)
  2. Amati dan lakukanlah perbandingan antar contoh tersebut dalam bentuk tabel dari sudut pandang kalian (bebas). (total skor 40)
  3. Untuk contoh model marketplace, lakukan pengamatan bagaimana karakter marketing dari masing –masing markeplace.(total skor 35)
Facebook Twitter Email

29 responses to “Soal Uas Technopreniurship 2”

  1. #4112095_Rendi Agus Sanusi
    1. Marketplace : mataharimall.com
    Online shop : olx.com
    e-commerce : hijup.com

    2.
    Mataharimall.com Olx.com Hijup.com
    pemesan barang secara online pemesan barang secara online pemesan barang secara online
    Pembayaran bisa transfer atau membayar langsung ke outlet terdekat Transaksi dilakukan di tempat COD Pembayaran hanya fia transfer saja
    Barang harus di ambil sendiri di tempat Barang di terima di tempat dengan bertemu langsung penjualnya Barang di terima fia jasa pos
    Barang yang sudah di pesan bisa di ambil matahari mall mana saja Ketidak cocokan barang bisa di cancel di tempat Barang tidak sesuai bisa return

    3. Marketplace : mataharimalll.com & tokopedia.com
    Tempat dimana semua pedagang berkumpul pada suatu tempat yang strategis untuk melakukan transaksi jual beli kepada para konsumen, di era modern ini yang sekarang serba canggih dengan menggunakan teknologi para pedagang bisa secara langsung memasarkan dagangan lewat wadah yang tersedia yaitu website jual beli online, rata-rata strategi pemasaran yang digunakan adalah blanja tanpa ribet harus datang ke toko dan mengantri dalam proses pembayarannya sekarang IO situs jual beli membuat wadah bagi para pedagang untuk memasukan dagangannya lewat websitenya yang akan dipasarkan secara onine, pembeli dapat kemudahan dari system ini dimana pembeli tidak harus datiang ke toko untuk mendapatkan barang dan mengantri ke kasirnya cukup buka situsnya lalu cari barang yang di inginkan, pesan, transfer ke rekening penjual, konfirmasi dan akan mendapatkan barangnya.

  2. 1) – Online Shop adalah toko online yang menyediakan barang lewat komunikasi FB, WA, BBM, Line dan lain-lain. seperti penawaran prodak kaos distro yang prosesnya hanya pembelian dan itu tawar menawar dengan komunikasi tersebut.
    – e-Commerce adalah sejenis toko online menyediakan hanya satu barang dan menggunakan sistem klik tombol dan transfer uang dan barang dikirm tidak ada tawar-menawar. Contohnya : toko online berbentuk website penjualan baju wanita syariah, yang hanya menyediakan barang itu saja.
    – Marketplace adalah hasil penggabungan antara Online Shop dan e-Commerce yang mampu menyediakan komunikasi dari masing-masing penjual dan pembeli. contohnya adalah tokopedia dll.
    2) contoh tabel penjualan.
    Online Shop e-Commerce Marketplace
    – Proses secara personal dengan media masa BBM, WA, Intragram, FB, Line dll
    – Melakukan tawar-menawar prodak secara personal dan jangkauannya tidak luas. – Proses yang menggunakan media internet website
    – Hanya satu barang yang ditawarkan
    – melakukan tranfer langsung yang disediakan di web
    – jangkaun bisa seakurat mungkin dan luas – Proses penawaran barang yang dinamis dan tidak hanya menawarkan prodak sendiri bisa prodak orang lain
    – melakukan transaksi langsung atau bisa transfer sesuai keinginan penjual dan pembeli
    3) Contoh langsung Marketplace adalah OLX yang penjualannya dinamis dan sesuai keinginan pelanggan.

    Lihat pada gambar diatas sangat lengkap kan, tinggal kita mengeklik maka barang yang kita inginkan ada.dan ini mudah seperti ini lah marketplace penggabungan antara onlineshop dan e-commerce.
    Catatan : gambar dan tabel ,sudah dikirim bersamaan lewat email. pak .

  3. Soal Tecnopreneurship 2 :
    1. Berikan contoh manakah yang termasuk dalam model online shop, e-commerce, dan marketplace.
    2. Amati dan lakukanlah perbandingan antar contoh tersebut dalam bentuk tabel dari sudut pandang kalian bebas ?
    3. Untuk contoh model marketplace lakukan pengamatan bagaimana karakter marketing dari masing-masing marketplace ?
    Jawaban Tecnopreneurship 2 :
    1. Contoh Model Online Shop : LakuBgt,d_shop,jeje_ol.shop, (semua jual-beli yang dilakukan dengan memanfaatkan seperti : BBM,WA,IG dll).
    Contoh Model E-Commerce : Zalora.com, berrybenka.com, lazada.co.id dll.
    Contoh Model Marketplace : tokopedia.com, olx.co.id, bukalapak.com dll.
    2. Perbandingan ketigannya :
    Yang dibandingkan
    Online Shop
    E-Commerce
    Marketplace

    Respon
    Pembeli dapat menanyakan harga /pertanyaan apapun terkait dengan produk kepada penjual secara langsung.
    Tidak dapat respon secara langsung tetapi pembeli bisa memberikan komentar atau bertanya melalui form yang sudah disediakan.
    Penjual tidak melakukan Tanya jawab kepada pembeli Karena di dalam marketplace sudah disediakan spesifikasi dari produk dan kondisi produk tersebut.

    Media yang digunakan
    Biasannya menggunakan BBM, LINE atau WA untuk menjual dagangannya.
    Menggunakan Website sendiri untuk menjual produk dagangannya.
    Menggunakan Website untuk menjual produk-produk dagangan dari beberapa orang menjadi satu.

    Strategi pemasaran
    Biasannya akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop tersebut.
    Hanya focus menjual produk dari web itu sendiri dan tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka.
    Menjual berbagai produk dari beberapa online shop. Produk tidak hanya milik satu orang saja melainkan menggabungkan produk-produk orang lain menjadi satu istilah kasarnya marketplace ialah pasar dari online shop.

    Masih ada beberapa online shop yang memberlakukan tawar-menawar harga suatu produk
    Tidak ada tawar-menawar dan harga yang diberikan merupakan harga pas. jika ingin membeli tinggal klik tombol beli dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum.
    Tidak ada tawar-menawar dan harga yang diberikan merupakan harga pas. jika ingin membeli tinggal klik tombol beli dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum.

    Status Produk
    Barang yang di jual bisa kebanyakan adalah produk orang lain dan kita tinggal menjualnya kembali.
    Barang atau produk yang dijual berasal dari website itu sendiri
    Barang atau produk yang di jual merupakan barang dari beberapa orang yang berkumpul dalam Marketplace untuk sama-sama menjual barangnya sendiri-sendiri.

    3. Karakter marketing dari masing-masing marketplace :
    Marketing Model Online Shop
    (d_Shop)
    Metode Pembayaran : menggunakan metode bank transfer.
    Relation : mampu membalas pertanyaan seputar produk secara langsung.
    Untuk jualan menggunakan media social seperti : FB,BBM,WA dan IG.
    Pengiriman barang : kebanyakan menggunakan JNE dan Pos.
    Biaya pengiriman selalu di bebankan kepada pembeli.

    Marketing Model E-Commerce
    (Zalora dan Lazada)
    Metode Pembayaran : rata-rata e-commerce menggunakan metode bank transfer. Khususnya lagi mereka menggunakan bank BCA dan Mandiri.
    Panduan : Kebanyakan menggunakan YM di sidebar atau di pojok kanan header dan ditampilkan untuk menanggani calon pembeli yang kebingungan. Tetapi berbeda dengan zalora karena memiliki redirect dan tetap menggunakan ajax dan ini memudahkan proses pemesanan pada zalora.
    Metode dan Biaya Pengiriman : kebanyakan pada E-Commerce membebankan biaya pengiriman kepada pembeli hanya beberapa yang mengratiskannya seperti : Zalora dan lazada. Sedangkan kelompok lain menggunakan minimal total pembelian untuk mendapatkan pengiriman gratis. Dan jasa pengiriman yang sering di pakai adalah JNE dan TIKI. Berbeda dengan Zalora yang menggunakan 4 layanan sekaligus yakni : JNE,Gojek, First Logistic, dan Ningrat Muda Mandiri.
    Penggunaan Secure Sockets Layer (SSL) : mayoritas e-commerce di Indonesia masih belum menggunakan SSL hanya e-commerce yang sudah besar saja yang menggunakannya. Karena di Indonesia masih menggunakan cara pemesanan dan pembayaran melalui bank transfer. Sedangkan jika menggunakan SSL kita menggunakan kartu kredit dalam transaksi.

    Marketing Model Marketplace
    (Bukalapak.com)
    Selalu berinovasi dalam menggaet konsumen dengan meningkatkan pengguna dari aplikasi mobile/meningkatkan layanan aplikasi dan meningkatkan kualitas dari sisi produk.
    Melakukan improve dari segi produk yaitu dari sisi teknis mobile apps.
    Memberikan kode voucher yang hanya dapat digunakan lewat aplikasi.
    Selalu melakukan promosi baik melaui TV itu bagus untuk content delivery.
    Kebanyakan mengandalkan komunitas offline yang berada di kota-kota besar.
    Selalu menentukan target untuk menyeimbangkan antara jumlah penjual dan pembeli. Dengan I pelapak 12 pembeli.

  4. #4112088 #Nur_Rizky_Lathifah

    1. Gerai Sholehah, Berrybenka dan Amazon
    2. Berikut perbandingannya :
    Gerai Sholehah
    – Dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk pada penjual melalu CP yg sudah tersedia.
    – Transaksi dilakukan dengan mentransfer uang sejumlah harga yg tertera.
    – Terdapat diskon jika sudah lama membeli.
    – Untuk promosi dapat dilakukan melalui media sosial maupun membuat akun pada salah satu marketplace misalkan toko bagus dll.

    Berrybenka
    – Kita bisa langsung memilih barang yang tersedia pada website dengan mengklik tombol “beli”.
    – Jika ingin membeli maka dilakukan pendaftaran terlebih dahulu jika tidak memiliki akun.
    – Produk yang dijual menggunakan ‘first-pay-first-serve’ dimana barang yang dipesan dapat dibeli oleh pelanggan lain sebelum pembeli melakukan pembayaran dalam waktu 48 jam.
    – Harga yang tertera merupakan harga pas, tidak dapat ditawar lagi.

    eBay
    – Banyak barang dan jasa yang dapat dijual, barang yang dijual pun dapat berupa barang baru maupun barang bekas.
    – Dapat dilakukan tawar menawar, dan biasanya tawaran tertinggi yang akan mendapatkan barangnya.
    – Penjual akan menerima email dari eBay jika produknya sudah laku, dan siapa yang memenangkan harga tertinggi.
    – Setelah pembeli mentransfer sejumlah uang, maka penjual akan mengirim barang tersebut.

    3. Contoh model marketplace :
    a) Marketing Model Online Shop
    Contoh : Gerai Sholehah
    Kategori marketing :
    – Dapat menjawab pertanyaan mengenai harga maupun seputar produk yang dijual
    – Pengiriman barang menggunakan jasa pengiriman seperti JNE, Tiki dll dan biaya pengiriman dibebankan pada pembeli
    – Pembayaran diakukan transfer antar bank
    b) Marketing Model E-Commerece
    Contoh : Berrybenka
    Kategori marketing :
    – Jika ingin membeli maka dilakukan pendaftaran terlebih dahulu jika tidak memiliki akun
    – Produk yang dijual menggunakan ‘first-pay-first-serve’ dimana barang yang dipesan dapat dibeli oleh pelanggan lain sebelum pembeli melakukan pembayaran dalam waktu 48 jam.
    c) Marketing Model Marketplace
    Contoh : eBay
    Kategori marketing :
    – Menjual banyak barang dan jasa
    – Menyediakan lahan untuk penjual maupun pebisnis dalam mempromosikan barangnya
    – Penjual akan menerima email dari eBay jika produknya sudah laku, dan siapa yang memenangkan harga tertinggi.
    – Transfer melalui bank
    – Pengiriman menggunakan jasa pengiriman barang

  5. #4112058_lailatul-afifah_technopreniurship_2
    1. Technopreniurship 2
    a) Sofancy bags, Bilna dan Qoo10 Indonesia
    b) Berikut perbandingannya :
    Sofancy bags Bilna Qoo10 Indonesia
    – Merupakan toko online yang berjualan di instagram.
    – Jika ingin memesan maka menghubungi WhatsApp atau Line yang tersedia.
    – Kita dapat memesan barang sesuai dengan keinginan, misalkan desaignnya. – Hanya dapat memilih barang atau design yang tersedia
    – Mendaftar atau masuk pada akun yang sudah dimiliki sebelum memesan.
    – Melangkapi informasi penagihan, alamat pengiriman, pilih metode pengiriman dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. – Menyediakan lahan untuk para pebisnis atau menjual untuk mempromosikan produknya.
    – Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer, kartu kredit dll
    – Terdapat berbagai macam produk yang terjual di dalam web tersebut.

    c)
    Nama Marketplace Model Marketing Kategori Marketing
    Sofancy bags Online Shop – Berjualan di instagram.
    – Melakukan transaksi dengan mentransfer melalui bank
    – Dikirim dengan menggunakan jasa pengiriman barang
    Bilna E-Commerece – Login atau mendaftar sebelum melakukan pembelian
    – Pembayaran dilakukan dengan menggunakan visa dan master card dll.
    Qoo10 Indonesia – Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer, kartu kredit dll
    – Menyediakan lahan untuk pebisnis dan penjual.

  6. #4112130
    #Muhammad_mansur
    1. Yang termasuk model Online Shop, E-Commerce, dan Marketplace.
    a. Online shop
    Menjual barang melalui BBM, WhatsApp, Facebook dll. Dan pembeli bisa menanyakan harga mauput tentang barang yang lain.
    b. E-commerce
    Yang termasuk kedalam model bisnis ini seprti lazada.co.id
    c. MarketPlace
    Yang termasuk kedalam model bisnis ini yaitu Bukalapak.com, Olx
    2. Perbandingan
    Online shop : Dalam penjualan model online shop lebih simpel dan tidak perlu membuat website resmi. Tetapi kekurangan dari model bisnis ini yaitu dalam proses transaksi lebih rawan akan penipuan.
    Lazada.co.id : Jika dalam model bisnis lazada, untuk kepemilikan dari usaha ini dimiliki satu orang atau korporasi. Dan untuk proses transaksinya lebih aman.
    Bukalapak.com dan Olx : untuk model bisnis Bukalapak sendiri untuk dalam proses transaksi termasuk aman dan mempertemukan lebih banyak penjual dan pembeli.

    3. Karakter Marketing dari marketplace
    Karakteristik dari marketplace olx dan bukalapak hampir sama, dimana penjual lebih dari satu (banyak), tetapi perbedaan dari kedua marketplace ini terdapat pada proses pembayarannya. Jika di bukalapak telah disediakan rekening bersama untuk pembayarannya jadi tidak perlu takut akan penipan. Tetapi jika di olx proses pembayarannya yaitu cash on delivery ( COD ). Di olx sendiri untuk pemasaran barang menggunakan model iklan baris, sedangkan di Bukalapak kita bisa memesan dengan jumlah yang tersedia berdasarkan item yang kita pilih.

  7. 1. A. model online shop : Facebook, Instagram, BBM, Line
    B. e-commerce : zalora.com, berrybenka.com,
    C. marketplace: : tokopedia.com, bukalapak.com

    2. Perbandingan
    Online shop dimana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp
    E-commerce Barang yang di jual di website tersebut barng perusahaan itu sendiri bukan jasa penjulan barang orang lain
    Marketplace Dimana Sebuah website memfasilitasi orang penjual untuk mempromosikan barang dagangannya di website tersebut dengan system pembayaran yang di kelolah oleh website tersebut.
    3. Bukalapak
    a. memberikan promo yang menarik di setiap bulan
    b. Iklan yang disampaikan banyak yang tertarik.
    Tokopedia
    a. Bisa melakukan promosi barang-barang secara bergantian untuk dipajang di halaman 1 Tokopedia (Dink It)
    b. Barang yang di jual bersaing dengan penjual-penjual lain pada tokopedai tersebut
    fatkhur rozaq/4112040

  8. #inayatul karimah
    #4112051
    1. Online shop : Hijab_project
    e-commerce : zalora.com
    marketplace : tokopedia
    no 2
    – Online shop
    1. pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp
    2. memberikan diskon pada setiap pembeli, sering berlangganan pada online shop tersebut.
    – e-commerce
    1. website tidak menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya
    2. Melakukan transaksi uang secara online.
    3. Bedanya adalah pada e-commerce, barang ataupun produk yang dijual berasal dari website itu sendiri.
    – Marketplace
    1. website menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya
    2. Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya
    3. penjual tidak melakukan tanya jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online shop.
    4. Melakukan transaksi uang secara online
    no 3
    1. Pembelian melakukan pemesanan dan membayar ke rekening
    2. Tokopedia meneruskan pesanan ke penjual
    3. Penjual memproses dan mengirim pesanan
    4. pembeli menerima pesanan atau barang dan melakukan konfirmasi terima barang (jika barang yang diterima sesuai dengan pesanan)
    5. Dana hasil penjualan masuk ke saldo tokopedia penjual

  9. #4112073_Muhammad Amri Irvan Syah
    Technopreneur 2
    1. Ol shop : pemasaran memalui sosmed oleh perseorangan
    E-Commerce : pemasaran mealui online seperti web
    Marketplace : sebuah pasar online seperti tokopedia
    2. Perbandingan
    Contoh Perbandingan
    Ol shop Lebih mudah untuk pemasaran karena melalui sosmed, tapi banyak spam
    E-Commerce Smua orang bisa akses, tidak perlu broadcast tinggal posting di web
    Marketplace Tidak perlu buat web, karena kita tinggal posting melalui jasa peasaran online

    3. Olx : Hanya bisa upload 1 barang tidak bisa lebih
    Buka lapak : bisa upload lebih dari satu barang

  10. #4112130_Muhammad_Mansur
    1. Yang termasuk model Online Shop, E-Commerce, dan Marketplace.
    a. Online shop
    Menjual barang melalui BBM, WhatsApp, Facebook dll. Dan pembeli bisa menanyakan harga mauput tentang barang yang lain.
    b. E-commerce
    Yang termasuk kedalam model bisnis ini seprti lazada.co.id
    c. MarketPlace
    Yang termasuk kedalam model bisnis ini yaitu Bukalapak.com, Olx
    2. Perbandingan
    Online shop Dalam penjualan model online shop lebih simpel dan tidak perlu membuat website resmi. Tetapi kekurangan dari model bisnis ini yaitu dalam proses transaksi lebih rawan akan penipuan.
    Lazada.co.id Jika dalam model bisnis lazada, untuk kepemilikan dari usaha ini dimiliki satu orang atau korporasi. Dan untuk proses transaksinya lebih aman.
    Bukalapak.com dan Olx untuk model bisnis Bukalapak sendiri untuk dalam proses transaksi termasuk aman dan mempertemukan lebih banyak penjual dan pembeli.

    3. Karakter Marketing dari marketplace
    Karakteristik dari marketplace olx dan bukalapak hampir sama, dimana penjual lebih dari satu (banyak), tetapi perbedaan dari kedua marketplace ini terdapat pada proses pembayarannya. Jika di bukalapak telah disediakan rekening bersama untuk pembayarannya jadi tidak perlu takut akan penipan. Tetapi jika di olx proses pembayarannya yaitu cash on delivery ( COD ). Di olx sendiri untuk pemasaran barang menggunakan model iklan baris, sedangkan di Bukalapak kita bisa memesan dengan jumlah yang tersedia berdasarkan item yang kita pilih.

  11. #4112059#latifatul_hikmah
    soal Technopreniurship 2 (e-commerce dan Digital Marketing)
    Model bisnis yang berbasis “jual beli” semakin berkembang mulai dari dari model Online shop, ecommerce hingga marketplace.
    1. Berikan contoh manakah yang termasuk dalam model online shop, e-commerce, dan marketplace. (Skor 25)
    2. Amati dan lakukanlah perbandingan antar contoh tersebut dalam bentuk tabel dari sudut pandang kalian (bebas). (total skor 40)
    3. Untuk contoh model marketplace, lakukan pengamatan bagaimana karakter marketing dari masing –masing markeplace.(total skor 35)
    1. – online shop : jualan online seperti jualan baju, sepatu, tas atau yang lainnya lewat sosial media seperti: bbm, watshap, instagram, facebook, dan lain-lain
    – E-commerce : zalora
    – Marketplace: lazada, tokopedia, bukalapak, elevenia
    2.

    Online shop e-commerce marketplace
    Jual beli online dimana pembeli bisa bertanya langsung tentang produknya Pembeli hanya melihat produk yang ada di web saja Pembeli dikasih pilihan untuk melihat semua produk dari beberapa orang
    Online shop biasanya hanya satu penjual Kalau e-commerce tidak membuka lahan untuk penjual lain, hanya 1 penjual saja Terdapat beberapa penjual yang ingin menjual produk
    Pembeli akan menemukan produk dari penjual yang sama Pembeli akan menemukan produk dari penjual yang sama Pembeli menemukan produk dari beberapa penjual yang berbeda-beda
    Pembeli bisa menawar produk secara langsung Produk tidak bisa ditawar karena harga produk sudah pas Produk tidak bisa ditawar
    3. Tokopedia : tokopedia menyediakan featured shop bagi penjual yang barangnya sering dibeli oleh pembeli, dengan mengeluarkan iklan-iklan menarik, selalu ada iklan sudah cek tokopedia belum? “ dan dengan iklan tersebut membuat orang-orang menjadi penasaran, tokopedian lebih sering membidik pada online shop perempuan
    Lazada : strategi pemasaran untuk lazada yaiutu remarketing dimana jika kita sudah membuka barang/ produk yang kita buka di lazada, setelah itu kita keluar dari lazada, kemudian kita akan membuka sosmed yang lain seperti: kita buka facebook, google, atau yang lainnya maka akan keluar iklan produk yang kita inginkan din lazada, sehingga secara tidak langsung produk tersebut akan selalu muncul dan secara tidak langsung kita akan membelinya karena produk tersebut produk yang kita inginkan serta bayangan produk tersebut slalu terbayang

  12. Technopreniurship 2
    1. Online shop : Dany shop
    e-commerce : berrybenka.com
    marketplace : tokopedia
    2. Perbandingan dari contoh online shop, e-commerce, marketplace
    Dany shop(online shop) (e-commerce) tokopedia(marketplace)
    konsepnya Bisnisnya tempatnya
    sistemnya Menanyakan langsung kepada penjualnya Model bisnis
    Pembeli yang sering membeli pada toko tersebut akan mendapatkan diskon Produk yang dijual berasal dari website itu sendiri Produk dari para penjual yang berbeda

    3. Pengamatan karakter Model marketplace
    Didalam marketplace adalah sebuah website yang digunakan sebagai wadah berbagai penjual untuk menjualkan dagangan usahanya dan memfasilitasi transaksi uang secara online. Pada website ini pembeli dapat menjumpai berbagai produk yang dijual dari berbagai penjual dari online shop. Setiap produk yang terdapat pada website ini sudah terdapat spesifikasi dari produk tersebut sehingga pembeli langsung mengetahui cirri-ciri dari produk tersebut.
    #4112030_Dany

  13. #4112137 Ahmad Sholikhun
    Nama : Ahmad Sholikhun
    Nim : 4112137
    Kelas : B
    MKA : Technopreniurship 2
    1. Berikan contoh manakah yang termasuk dalam model online shop, e-commerce, dan marketplace. (Skor 25)
    2. Amati dan lakukanlah perbandingan antar contoh tersebut dalam bentuk tabel dari sudut pandang kalian (bebas). (total skor 40)
    3. Untuk contoh model marketplace, lakukan pengamatan bagaimana karakter marketing dari masing –masing markeplace.(total skor 35)
    JAWABAN
    1)
    a. Online Shop : KindlyShop (Instagram)
    b. E-Commerce : Zalora
    c. Marketplace : Elevenia

    2) contoh tabel penjualan.
    KindlyShop (Instagram) Zalora.com Elevenia
    – Proses secara personal dengan media masa Intragram
    – Melakukan tawar-menawar prodak secara personal dan jangkauannya tidak luas. – Kita hanya bisa beli barang yang di sediakan oleh zalora saja ,tidak bisa menjadi seller – Kita bisa membeli dan juga menjadi penjual atau seller di elevenia

    3)
    a. Elevenia
    Keunggulan :
    1. Design websitenya keren, kelihatan youth dan dikelola professional
    2. Promosinya luar biasa heboh
    3. Sejak jauh hari sebelum launching sudah di promosikan via email
    4. Ada pelatihan buat para calon seller untuk menggunakan Elevenia Cuma masih terbatas di Jakarta
    5. Banyak promosi poin, diskon barang, diskon pengiriman walau kecil nilainya tapi senang deh sayanya kalau dapat klaim diskon.Tiap bulan dikasih voucher diskon, dan seru deh belanja disini.
    6. Fitur website komplit
    7. Salah satu marketplace buat para seller buat jualan barang dagangan
    8. Metode pembayarn juga lengkap bisa pakai kartu kredit dan debit
    9. Sistem notifikasi bagi buyer yang melakukan transaksi langsung terima sms ucapan terima kasih dan sender name nya ELEVENIA
    Kekurangan :
    1. Member akan dikenakan biaya ketika terjadi transaksi penjualan sebanyak 10 % dari harga ini ditentukan sesuai kategori.
    2. Masih bayar biaya kirim, belum free shipping.

    b. OLX / TOKOBAGUS
    Keunggulan :
    1. Design website nya simple, friendly user, aplikasi sudah ada di android juga
    2. Gratis
    3. Ada fasilitas beli poin
    Kekurangan
    1. Sekarang dibatasi hanya maksimal 10 iklan
    2. Pasang no hp di teks iklan sudah tak di izinkan
    3. Masa aktif iklan cuma seminggu dulu bisa sebulan baru bisa di refresh kembali, mirip di lapak kaskus istilahnya di sundul keatas biar naik kalau di dunia web namanya di SEO kan biar selalu ranking 1 di mesin pencari he he .sekarang tiap minggu di refresh kalau 1 bulan ya iklan dimasukkan kategori tak aktif

    c. BERNIAGA.COM
    Keunggulan:
    1. Iklan bisa lebih banyak tak dibatasi
    2. Gratis juga dan sering promo di TV jadinya masyarakat pada tahu
    3. Benar benar harus gambar asli yang di upload, tak bisa brosur atau gambar palsu, tak akan di verified dan tak akan terposting kalau fotonya brosur. Kayak jualan rumah modal brosur tak akan di approve sama Berniaga.com kalau OLX masih bisa. Makanya kalau aku suka posting foto rumah yang sedang dibangun buat jualin / promosi rumah sepepu yang sales property
    4. Dikoneksikan ke FB jadi promosi cepat nyebar.
    5. Batas waktunya lebih lama
    Kekurangan
    1. Tak ada sistem poin nya
    2. Koneksi ke FB menjadi sesuatu yang rada ganggu privacy sih jadi malu aja kadang kalau tiba tiba sesama friend list di FB ada lapak dan jualan sesuatu dan melihat lapak kita dan jualan barkas, haaha apalagi saya yang terkait pelanggan, agak risih aja, kalau perlu hanya yang saya dan buyer yang tahu saya jualan ini. FB ya FB ya jualan barkas ya di toko barkas online aja

  14. 4112080_Munawwirotul A
    1. Menurut saya bisnis online shop yang sedang berkembang adalah marketplace dan e-commerce, namun yang sekarang lebih berkembang adalah marketplace yang terdiri dari tokopedia, bukalapak dan olx.co.id. karena dalam penjualan mereka memberikan keterangan tentang produk yang ditawarkan, dan harga sudah tercantum dalam website tersebut, sehingga customer tidak harus tawar menawar soal harga atau produk tersebut.

    2. Perbandingan dari online shop

    Online shop Marketplace e-commerce
    Online shop atau yang disebut dengan toko online yang pada dasarnya pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan terkait produk yang ditawarkan kepada penjual melalui BBM, LINE, atau Whatsapp. Dan biasanya pembeli akan mendapatkan diskon jika pembeli sudah berlangganan pada toko online tersebut. Dan terkadang online shop masih menawarkan produknya melalui facebook. Sedangakan marketplace adalah website yang tidak hanya menawarkan atau promosi kepada pelanggan untuk dagangannnya, tetapi memfasilitasi transaksi keuangan secara online. Disini ada beberapa online shop yang setiap produk terdapat dalam website akan menjelaskan kondisi produknya. Dan pembeli akan melalukan transfer sesuai harga yang tercantum pada webite tersebut. Dan website ini sudah tercantum keterangan dan sudah d jelaskan kondisi dan harga pada produk tersebut.
    Contohnya seperti tokopedia, bukalapak, olx.co.id Sistem dalam e-commerce sama dengan marketplace yaitu dengan pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada website tersebut. Dan pembeli tinggal klik”beli” dan melakukan tranfer dengan harga yang sudah tercantum pada website tersebut. Bedanya barang ataupun produk yang dijual dari website itu sendiri, dan tidak membuka lahan seperti marketplace contohnya tokopedia, bukalapak dll. Dan e-commerce tidak ada tawar menawar dalam produk tersebut dan harga yang di berikan adalah harga pas seprti zalora.com

    3. Modal marketplace
    • Marketplace dalam karakter adalalah seperti e-commerce yang menggunakan model sederhana dengan bisnis customer to customer (C to C). Contohnya kaskus.
    • Marketplace dalam karakter adalah seperti e-commerce yang menjual barang dalam bentuk eceran business to customer (B to C). Contohnya lazada.
    • Marketplace dalam karakter adalah modal bisnis perusahaan sebagai perantara antara customer dan penjual customer to business to customer(C to B to C). Contoh tokopedia.

  15. 4112081_Musyaffak_Technopreniurship_2
    1. -Online Shop Sebagian besar orang akan berpendapat segala aktivitas belanja yang dilakukan secara online dapat dilakukan di online shop. Pada kenyataannya, tidak hanya melalui online shop, namun kita juga bisa belanja melalui e-commerce dan marketplace. Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp. Di beberapa online shop, biasanya akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop tersebut. Ada juga online shop yang masih memberlakukan tawar menawar harga suatu produknya. Contoh dari online shop ini sering dijumpai di Facebook dan Instagram. Online shop yang sering dijumpai di Facebook misalnya LakuBgt.
    – E-Commerce Sistem belanja e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Bedanya adalah pada e-commerce, barang ataupun produk yang dijual berasal dari website itu sendiri. Ia tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka. Tidak ada tawar menawar dan harga yang diberikan adalah harga pas. Contoh dari e-commerce misalnya zalora.com, berrybenka.com, dll.
    Tahukah Anda bahwa ternyata website e-commerce seperti TokoBagus, Tokopedia, dan Blibli memiliki model bisnis yang berbeda? Karena model bisnis yang berbeda itulah mereka tidak dapat dibandingkan satu dengan yang lainnya sebagai saingan.
    Berikut kami jabarkan lima model bisnis yang diusung oleh pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk mengenal lebih jauh website manakah yang lebih cocok Anda gunakan untuk kegiatan bisnis online Anda.
    a. . Classifieds/listing/iklan baris
    Ini adalah model bisnis e-commerce paling sederhana yang cocok digunakan di negara-negara berkembang. Dua kriteria yang biasa diusung model bisnis ini:
    • Website yang bersangkutan tidak memfasilitasi kegiatan transaksi online
    • Penjual individual dapat menjual barang kapan saja, dimana saja secara gratis
    Tiga situs iklan baris yang terkenal di Indonesia ialah Tokobagus, Berniaga, dan OLX. Kaskus selaku forum online terbesar di Indonesia juga bisa dibilang masih menggunakan model bisnis iklan baris di forum jual belinya. Ini dikarenakan Kaskus tidak mengharuskan penjualnya untuk menggunakan fasilitas rekening bersama atau escrow. Jadi transaksi masih dapat terjadi langsung antara penjual dan pembeli.
    Metode transaksi yang paling sering digunakan di situs iklan baris ialah metode cash on delivery atau COD.
    b. Shopping mall
    Model bisnis ini mirip sekali dengan marketplace, tapi penjual yang bisa berjualan disana haruslah penjual atau brand ternama karena proses verifikasi yang ketat. Satu-satunya situs online shopping mall yang beroperasi di Indonesia ialah Blibli.
    c. Toko online B2C (Business to Consumer)
    Model bisnis ini cukup sederhana, yakni sebuah toko online dengan alamat website (domain) sendiri dimana penjual memiliki stok produk dan menjualnya secara online kepada pembeli. Beberapa contoh toko online di Indonesia ialah Bhinneka, Lazada Indonesia, BerryBenka, dan Bilna 1. Tiket.com, yang berfungsi sebagai platform jualan tiket secara online, juga bisa dianggap sebagai toko online.
    d. Toko online di media sosial
    Banyak penjual di Indonesia yang menggunakan situs media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan barang dagangan mereka. Uniknya lagi, sudah ada pemain-pemain lokal yang membantu penjual berjualan di situs Facebook yakni Onigi dan LakuBgt. Ada juga startup yang mengumpulkan seluruh penjual di Instagram ke dalam satu website yakni Shopious.
    – Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah kita akan menemukan produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa penjual dari online shop. Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Pada sistem belanja ini, penjual tidak melakukan tanya jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online shop. Contoh dari marketplace diantaranya adalah tokopedia.com, olx.co.id, bukalapak.com, dll.

    2. Perbandingan antara contoh dalam bentuk tabel.
    No Perbandingan Pengertian Contoh
    1 Online Shop Online shop adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung. BBM, LINE, atau Whatsapp.
    2 E-Commerce e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. zalora.com, berrybenka.com
    3 Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online tokopedia.com, olx.co.id, bukalapak.com,

    3. Pengamatan untuk Marketplace lebih memberi peluang kepda masyarakat untuk mempromosikan produknya dan untuk transaksi uang lebih terjamin, sehingga lebih aman dalam jual beli barang

  16. 4113105_RUDI HERMAWAN_Technopreniurship_2
    1. Perbedaan Online Shop, E-Commerce, dan Marketplace
    a) Online shop ialah Sebagian besar orang akan berpendapat segala aktivitas belanja yang dilakukan secara online dapat dilakukan di online shop. Pada kenyataannya, tidak hanya melalui online shop, namun kita juga bisa belanja melalui e-commerce dan marketplace.
    b) e-commerce ialah Sistem belanja e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum
    c) Marketplace ialah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online

    2. Perbandingan antar Online shop, E-Commerce dan Marketplace
    Online Shop Barang yang dijual dari website itu sendiri Harga barang di online shop bisa ditawar Pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp
    E-Commerce Pelanggan menjual produk-produnya sendiri lewat marketplace Harga barang di E-Comerce tidak bisa di tawar Pembeli hanya bisa membeli barang yang diinginkan tanpa ada komunikasi tentang penawaran harga
    Marketplace Yang menjual barang hanya dari website itu sendiri buka para pelanggan Harga barang di online shop bisa ditawar Pembeli dapat menjual barang secara COD atau dengan melalui tatap muka

    3. Karakter Marketing:
    a) Online shop
    Karakter dari Online Shop sendiri dia ingin menjual barang dengan penawaran harga agar pelanggan merasa tertarik dengan barang yang dijual dan juga Online Shp memberikan pelayanan yang lebih efektif daripada marketplace yang lain karena di dalam penjualanya di berikan media social seperti, bbm,facebook,twitter,whatapp dan lain sebagainya disitulah letak karaktenya

    b) E-Commerce
    Karakter dari E-Commerce ialah dia menjualkan barang dari website itu sendiri tanpa ikut campur dari pihak pelanggan dan E-Commerce tidak melayani tawar menawar harga yang diberikan adalah harga pas.
    c) Marketplace
    Karakter Marketplace ialah dia memberikan tempat atau wadah buat pelanggan untuk menjual suatu barang atau produknya disitu pelanggan bisa menjual barangnya melalui marketplace tersebut contoh tokopedia dan inilah yang sering digunakan dalam pembelian suatu barang dan di dalam marketplace ini pelanggan bisa menjual barangnya dengan mudah dan aman dan langsung bisa bertatap muka dengan pembeli

  17. 4112065_Mahmud Ubaid_Technopreniurship_2
    1. online shop: Berrbenka, Lazada, Bhineka, Zalora
    Marketplace: Toko pedia, Buka Lapak
    2. a. Marketplace Mereka menyediakan tempat, fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi. Jadi perusahaan marketplace seperti ini tidak menjual produknya sendiri, mereka tidak punya stok produk, mereka hanya menyediakan fasilitas dan sistem agar transaksi antara penjual dengan pembeli bisa mudah dilakukan.
    b. Sedangkan online shop mereka sudah menyediakan barang dan konsumen tinggal memesan barang yang dikehendaki.
    3. buka lapak: mengungkap strategi Bukalapak.com, mulai dari aplikasi mobile, iklan televisi, sosial media, hingga komunitas offline. Untuk meningkatkan pengguna dari aplikasi mobile, Bayu menyebutkan, Bukalapak meningkatkan kualitas dari sisi produk. Tidak hanya itu, meningkatkan layanan aplikasi untuk pengguna juga menjadi strategi tersendiri, , improvement dari segi produk yaitu dari sisi teknis mobile apps. Kemudian, dari konsumen, kami banyak melakukan inisiatif, seperti kode voucher yang hanya dapat digunakan lewat aplikasi

    Tokopedia: Tokopedia menawarkan fitur penjualan barang dengan harga grosir.
    memiliki layanan saldo yang bisa diuangkan kembali. Selain itu, saldo di Tokopedia juga bisa digunakan untuk berbelanja langsung di Tokopedia.
    Tokopedia menawarkan fitur Featured Shop. Semakin anda meningkatkan transaksi dan penjualan anda di Tokopedia, toko anda pun akan berpeluang besar untuk menjadi Featured Shop di Tokopedia.

  18. 4112008_AGNES EFINESSIA_Technopreniurship_2
    1. E-commerce adalah suatu proses pemberian dan penjualan produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai peranan transaksi bisnis.
    Marketplace adalah suatu tempat di innternet dimana banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses transaksi jual beli, ada yang ingin mencari suatu barang dan ada pihak lain yang sedang ingin menjual barang.

    Contoh e-commerce adalah online shop Amazone.
    Contoh Marketplace adalah olx.co.id
    2. E-commerce(Amazone)
    Kelemahan
    -Halaman produk yang terlalu diramaikan oleh fitur tambahan
    -Adanya fitur pencarian web
    -Adanya ilkan pada halaman produk
    -User interface untukkategori produknya usang
    -Kurang terintegrasi dengan situs internasionalnya
    -Kerjasama antar outsourcing dan tyos-r-us dapat menimbulkan kebingungan
    Kelebihan
    -Email konfirmasi. Kecuali email co-barding pengiriman email konfirmasi dari amazone membuat proses order terjaga kepercayaannya.
    -Order fulfilment yang baik
    -Login screen yang ringkas
    -Adanya tawaran untuk membeli produk lainnya yang relevan
    -Adanya sample. Hal ini membuat ketakutan akan membeli produk yang salah bisa dihindari
    -Pemilihan produk yang komprehensif

    Marketplace(olx.co.id)
    kekurangan
    -Transaksi bisa sedikit tidak aman
    -Cara pembayaran transfer bank
    -Kualitas barang kita tidak dapat melihat barang yang akan dibeli
    -Barang yang dibeli tidak sesui keinginan

    kelebihan
    – Caranya daftar gampang dan gratis
    -Banyak pengunjung
    -Sudah terkenal
    -Ada fasilitas verified account
    -Kategori dan wilayah ilkan cukup membantu

    3. Karakteristik produk
    – Tipe produk
    – Harga produk
    – Ketersediaan standart produk
    – Informasi produk
    Karakter industri
    – Diperlukan broker
    – Intelegent sistem boleh menggantikan broker
    Karakter penjual
    – Konsumen akan mencari penjual dengan harga yang murah
    – Volume rendah dengan margin keuntungan transaksi yang lebih yang lebih tinggi
    Karakter pembeli
    – Pembeli yang sesuai dengan selera
    – Pembeli yang seperti pasien/slalu butuh
    – Pembeli yang menganalisa

  19. #4112066_Misfah Sofanni
    1)-Marketplace : Tokopedia.com
    -Onlineshop : Lazada, Segala bisnis yang memanfaatkan media sosia
    -E-Commerce : Zalora, Lazada

    2)Perbandingan masing- masing
    -Pembeli bebas berkomentar terhadap produk- produk yang ditawarkan.
    -Produk yang ditawarkan dijual dengan harga pas.
    -Produk yang dijual berasal dari berbagai kalangan.

    3)Karakter masing- masing
    -Setiap produk memiliki spesifikasi masing- masing.
    -Pembayaran dilakukan melalui transfer.
    -Pengiriman produk dikirim menggunakan jasa pengiriman seperti JNE,dll.

  20. #4112066_Misfah Sofanni
    1)-Marketplace : Tokopedia.com
    -Onlineshop : Lazada, Segala bisnis yang memanfaatkan media sosial
    -E-Commerce : Zalora, Lazada

    2)Perbandingan masing- masing
    -Pembeli bebas berkomentar terhadap produk- produk yang ditawarkan.
    -Produk yang ditawarkan dijual dengan harga pas.
    -Produk yang dijual berasal dari berbagai kalangan.

    3)Karakter masing- masing
    -Setiap produk memiliki spesifikasi masing- masing.
    -Pembayaran dilakukan melalui transfer.
    -Pengiriman produk dikirim menggunakan jasa pengiriman seperti JNE,dll.

  21. #4112034_Dwi_Khusnul_Bayturrohman
    Contoh :
    -> online shop : Lewat Media Sosial
    -> e-commerce : wrightwoodfurniture.com, dodocase.com
    -> marketplace: : OLX, lazada,
    Perbandingan :
    -> online shop : Pembeli dapat chat via social media secara langsung dengan penjual mengenai harga, barang, dll yng di jualnya
    -> e-commerce : Perusahaan yang memiliki website dan di jual diwebsite itu sendiri tanpa ada pihak lain yang mejualnya.
    -> marketplace: : Tempat atau bisa di sebut juga dengan jasa promosi melalui website sesorang atau perusahaan.
    Karakter:
    -> OLX
    – Barang yang di jual tidak hanya baru saja melainkan barang bekas juga ada.
    – Mudah dipahami Semua kalangan
    -> Lazada
    – Ada program Afiliate
    – Keamanan dan Legalitas terjamin jika ingin bekerja sama atau mempromosikan barang.

  22. #4112015 #Aini Rohmahwati

    1. Contoh model online shop, e-commerce, marketplace
    a. Online shop : istanakreatif (instagram), mielidisurabaya (instagram), airinbeatycare (instagram), pinkabulous (instagram). dll
    b. E-commerce : saqina.com, zalora, berrybenka, lazada, jakartanotebook.com dll
    c. Marketplace : tokopedia, bukalapak, kaskus, olx, aliexpress, dll.

    2. Perbedaan
    Pemilik
    online shop : Online shop biasanya masih dikelola mandiri, personal.
    e commerce : pengelola e-commerce lebih ke perusahaan resmi terdaftar.
    marketplace : Perusahaan yang menyediakan tempat bagi pemilik online shop untuk berjualan di tempatnya. pengelola adalah pemilik toko online dan juga perusahaan.

    Pemasaran
    online shop : Melalui line, Instagram, bbm, facebook (lebih ke akun milik pribadi)
    e-commerce: Melalui website resmi.
    marketplace : Melalui website resmi perusahaan, dengan sub domain masing masing toko yang terdaftar,
    Pemasaran bisa dilakukan mandiri, atau melalui jasa yang disediakan marketplace tersebut (biasanya ada biaya yang harus dibayarkan jika memakai jasa mereka)

    barang
    online shop :Bisa milik sendiri, orang lain, atau dropship melalui penjual lain (terkadang masih belum jelas)
    e commerce : Barang yang di jual merupakan milik dari pemilik e- commerce itu sendiri, atas nama e- comers itu sendiri, dan tidak membuka lahan bagi penjual lain untuk bejualan ditempat tersebut.
    marketplace: Barang yang di jual belikan adalah milik masing masing online shop yang terdaftar di marketplace tersebut.

    tawar menawar
    online shop : Sebagian besar online shop masih menggunakan konsep tawar menawar
    e commerce : Tidak ada konsep tawar menawar, membeli berarti setuju dengan harga yang sudah di cantumkan.
    marketplace: Masih ada tawar menawar, namun tawar menawar hanya dilakukan kepada masing masing pembeli dan penjual yang bersangkutan, bukan ke perusahaan penyedia tempat online shop

    Pembayaran
    online shop : Pembayaran biasanya dilakukan di rekening pribadi
    e commerce : Pembayaran dilakukan di rekening atas nama perusahaan.
    marketplace: Perusahaan biasanya menyediakan rekening bersama (rekber) Pembayaran di lakukan di rekening perusahaan kemudian jika barang sudah sampai akan di teruskan ke penjual bersangkutan.

    penipuan
    online shop : Rawan terjadi penipuan. Karena pengelola adalah personal yang identitasnya kadang tidak jelas.
    Barang di foto kadangkala tidak sesuai dengan keadaan asli, dan informasi yang disampaikan biasanya juga kurang valid.
    e-commerce : Lebih aman, karena barang adalah stok yang ada di perusahaan. Dan perusahaan yang melayani sudah terdaftar. Atau bahkan sudah terkenal.
    marketplace : Cenderung aman, karena adanya rekening bersama, sehingga pembeli tidak perlu khawatir jika barang tidak dikirim oleh penjual, maka uang akan kembali.
    Namun kadang masih ada penipuan seperti phising melalui link link tertentu yang dikirim oleh pihak personal tak bertanggung jawab.

    membandingkan barang
    online shop : Tidak dapat membandingkan barang yang dijual. Karena milik personal. Bisa membandingkan namun melalui earch akun lain yang mungkin mempunyai penjualan yang sama
    e-commerce : Tidak dapat membandingan barang untuk mendapatkan harga termurah. Barang yang dipajang, harga yang tertulis adalah yang akan di dapatkan (WYSiWYG = what you see is what you get)
    marketplace: Bebas membandingan barang dari penjual penjual yang ada , membandingan harga, ataupun membeli dari daerah terdekat yang ada.

    3. KARAKTER MARKETING MARKERTPLACE

    BUKALAPAK :
    1. Iklan bukalapak lebih ke orang orang ndeso yang tidak terkenal dengan pesan bahwa semua orang bisa menggunakan jarinya untuk jual beli melalui akun bukalapaknya. Tidak terbatas wilayah dimanapun mereka berada untuk mendapat atau menjula barang dengan mudah.
    2. Bukalapak memiliki konsep untuk membangun ukm ukm untuk lebih maju dengan bergabung melalui akun bukalapak.com
    3. Memberikan promo promo gratis ongkir atau hadiah hadiah lain, untuk menarik pembeli dan penjual dalam jual beli online.
    4. Menyediakan fitur fitur gratis maupun berbayar sesuai dengan kebutuhan terutama bagi penjual
    5. (tidak melayani COD) barang di kirim secara online dengan jasa kurir yang disediakan.

    TOKOPEDIA :
    1. Iklan tokopedia lebih condong ke artis terkenal
    2. Iklan tokopedia menyampaikan pesan bahwa semua barang kebutuhan masyarakat ada di tokopedia.
    3. Hamper sama seperti bukalapak, tokopedia juga memiliki promo promo gratis ongkir, dll pada event event tertentu atau bulan bulan tertentu
    4. Menyediakan fitur fitur gratis atau berbayar sesuai dengan kebutuhan terutama bagi penjual.
    5. (tidak melayani COD) barang di kirim secara online dengan jasa kurir yang disediakan.

    KASKUS :
    1. Jual beli lebih sering di sebut forum (forum jual beli) dimana siapapun bisa berkomentar tentang produk yang di jual belikan.
    2. Barang yang dijual di post melalui thread . sehingga kurang efektif (menurut saya), karena kadang loadingnya disebut lumayan lama. Foto yang diposting kadang terlalu banyak dalam satu thread.
    3. Ada fasilitas rekber yang biasa disebut brankas jika melakukan transaksi online
    4. Bisa COD melalui forum forum yang diadakan kaskus seperti MARKAS (market dan komunitas)

    OLX:
    1. Sama seperti tokopedia dan bukalapak, namun lebih mempunyai konsep COD. Barang yang di inginkan sebisa mungkin harus dijual melalui ketemuan (COD) agar tidak terjadi penipuan.
    2. Barang yang dipajang biasanya harus barang dari hasil kamera sendiri, bukan dari google, tidak ada watermark, dll (pengapload an barang yang akan di jual akan di review oleh olx terlebih dahulu, jika sesuai maka iklan akan di tampilkan.
    3. Barang yang dipajang, jika pembeli berminat, maka pembeli bisa menghubungi kontak masing masing penjual yang tertera di informasi.

  23. #4112019 #Ammandha_Rizky_A
    1. Technopreneurship 2
    a. – Onlineshop : traveloka,blibli.com
    – E-commerce : mataharimall,bhinneka,zalora
    – Marketplace : Qoo10 indonesia, rakuten belanja online

    b. Traveloka : tempat ataupun wadah pembelian tiket secara online yang bertujuan untuk memperoleh tiket secara cepat dan tepat dan tidak perlu mengantri.

    Blibli.com : tempat ataupun wadah yang menawarkan aneka barang produk fashion, kecantikan, gadget dll. Berjualan secara online yang berkomitmen memberikan pengalaman berbelanja online secara aman, nyaman, mudah, menyenangkan, dimana saja dan kapan saja.

    Mataharimall : tempat ataupun wadah menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita dan pria, kesehatan, kecantikan, gadget, elektronik, lifestyle, hobi hingga keperluan rumah tangga. Mataharimall menyediakan pilihan metode pembayaran kepada pelanggannya yaitu transfer antar Bank, kartu kredit dengan cicilan 0% dan COD atau cash on delivery.

    Bhinneka.com : tempat ataupun wadah yang mendistribusi produk IT. (Indonesia #1 Webstore), dari tagline memang bervisi untuk menjadi pemain di “kandang sendiri”, bagaimana bisa menjadi pilihan Online Shopping bagi masyarakat Indonesia. Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka.com, Hendrik Tio pada profil di web-nya, bahwa pelayanan antusias dari hati yang membangun kepercayaan dan gempuran-gempuran persaingan yang dihadapi kemudian hari.

    Zalora : tempat ataupun wadah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik local maupun internasional. Pelanggan yang berbelanja melalui situs ini tidak dikenakan biaya pengiriman ke seluruh Indonesia dan garansi pengembalian barang jika pelanggan merasa tidak puas atas produk yang diterimanya.

    Qoo10 indonesia : tempat ataupun wadah penjualan secara online yang menyediakan pkian wanita, kecantikan dan diet, pria dan olahraga, digital dan mobile serta home dan living. Terdapat banyak pilihan disetiap produk yang ditawarkan dan masalah harga sangat terjangkau.

    Rakuten belanja online : tempat ataupun wadah yang menjual berbagai macam jenis barang, terdapat berbagai macam promo cashback & discount, pendaftaran member gratis, Buka Toko gratis dengan sistem ECC & layanan Escrow,menjual produk unik (Made in Japan), Metode Pembayaran yaitu Klik BCA, Mandiri, Bank Transfer, VISA, Master Card, BNI dengan cicilan yaitu CIMB Niaga – 0% selama 3 Bulan, 0.8% selama 6 & 12 Bulan, BNI Smart Spending – 0.8%

    Deskripsi: PT Rakuten-MNC adalah perusahaan joint venture antara PT Global Mediacom Tbk dan Rakuten,Inc. Rakuten, Inc. mempunyai 64 juta anggota di Jepang, dan total penjualan di tahun 2009 adalah 3,2 milyar USD. Bisnis intinya, yaitu “Rakuten Ichiba”, adalah toko online terbesar di Jepang, yang menyediakan lebih dari 70 juta produk oleh 35.000 merchant/toko. Beberapa merchant mempunyai omzet penjualan lebih dari 1 juta USD per bulannya. Rakuten adalah pionir dan pemimpin dalam model bisnis B2B2C toko online.

    c. Qoo10 indonesia : Kami tidak menjual ataupun menyewakan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga untuk tujuan pemasaran mereka tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu. Kami dapat menggabungkan informasi Anda dengan informasi yang kami peroleh dari perusahaan lain dan menggunakannya untuk meningkatkan dan mempersonalisasikan performa layanan kami, termasuk konten, dan iklan. Jika Anda tidak ingin menerima komunikasi pemasaran dari kami atau berpartisipasi dalam program ad-customization (ad-kustomisasi) kami, cukup tunjukkan preferensi Anda melalui My Qoo10 atau dengan mengikuti petunjuk yang telah disediakan melalui komunikasi atau iklan.

    Rakuten belanja online : Seiring pertumbuhan media sosial yang sangat pesat, kita
    tidak bisa mengabaikan penggunaan sosial media. Karena itu Rakuten Indonesia, menggunakan sosial media sebagai salah satu sarana mendekatkan diri dengan pelanggannya. Untuk Facebook, Rakuten hadir di alamat berikut http://www.facebook.com/RakutenID, sedangkan twitter, bisa di follow akun Twitter Rakuten, yaitu @RakutenID.

  24. #4112131 #M_Hadzikul_Fikri
    1. (A)= Online Shop dalam media sosial contoh nya di facebook seperti di alamat: https://www.facebook.com/biner.co.id/shop/ (B)= E-commerce contohnya seperti zalora.com
    C= Contoh dari marketplace salah satunya adalah Tokopedia.com.
    2.Online shop = pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui facebook, bbm, line, atau whatsapp dengan bebas.
    E-commerce = barang ataupun produk yang dijual berasal dari website itu sendiri. Ia tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka.
    Marketplace = sebuah bisnis menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. produk dari penjual yang berbeda-beda.
    3. model marketplace karakter marketing tokopedia dengan bukalapak keduanya sama-sama mengunakan pemasaran media di televisi. Namaun ada perbedaan dalam isi iklan tokopedia maupun bukalapak salah satu iklan bukalapak terkesan nyentrik yang dibawakan oleh dian katrok sedangkan tokopedia meiliki visi membangun indonesia yang lebih baik lewat interne yang dibawakan oleh isyana sarasvati brand ambassador tokopedia.

  25. #4112141#Harits Julianto
    a.-Marketplace: Qoo10 Indonesia
    -E-Commerce: Lazada.co.id
    -Online shop: Juwmieshop.com
    b.Perbandingan nya
    MarketPlace: Qoo10 Indonesia dan E-Commerce: Lazada.co.id Kedua nya hampir sama Pembeli tinggal memilih barang yang di inginkan di website dengan mengklik “Beli”. harga yang telah di tentukan tidak bisa di tawar, system pembayaran melalui transfer, pembeli jika membeli barang tersebut akan mentransfer uang senilai harga barang yang sudah di tentukan, dengan criteria barang yang sudah disebutkan. Perbedaannya E-commerce tidak membuka lahan untuk penjual lain. Marketplace di fasilitasi dengan transaksi uang online.
    Untuk Online shop: Juwmieshop sendiri barang nya dijual melalui Line, BBM, WA. Biasanya akan mendapatkan diskon jika sudah berlangganan, Terkadang juga online shop di sertai dengan website ada juga yang tidak menggunakan website.
    c. Untuk Pengamatan Marketplace lebih memberi peluang kepada masyarakat untuk mempromosikan produknya dan untuk transaksi uang lebih aman dan barang sesuai dengan keinginan, sehingga lebih aman dalam jual beli barang.

  26. #4112064
    #Mohamad_Rizqon_Thoyiba

    1. Online shop : Bola Distro, E-Commerce :MatahariMall, Marketplace : Elevenia
    2. perbandingan online shop, e-commerce, dan marketplace
    *online shop
    Jual beli online yang secara langsung bisa bertransaksi dan pembayarannya bisa langsung ke penjual tersebut.
    *e-commerce
    jual beli online dimana penjual bekerja sama dengan produsen/ agen.
    *marketplace
    Jual beli online dimana situs tersebut hanya menyediakan tempat bagi penjual untuk menjual produknya.
    3. Setiap marketplace memiliki karakter marketing yang berbeda-beda, seperti elevenia dengan jargonnya klik, cari, hepi.

  27. #4112037
    #Eni lydia s
    Contoh online shop dalam media social adalah GTM_olshop
    E-commerce contohnya seperti blibli.com,lazada.co.id
    Salah satu contoh dari marketplace adalah bukalapak.com
    Untuk contoh model marketplace karakter marketing bukalapak dengan elevenia.
    Persamaan:
    Strategi dalam pemasaran pada bukalapak dan elevenia adalah sama-sama menggunakan media di televsi,
    bukalapak dan elevenia merupakan sama memfasilitasi space pengiklanan yang selanjutnya meyerahkan kesepakatan transaksi pada pihak penjual dan pembeli.
    Perbedaan:
    Adapun perbedaan dalam isi iklan bukalapak dan elevenia salah satu iklan bukalapak terkesan nyentrik sedangkan elevenia mempunyai slogan Klik Cari Happy yang dibawakan oleh Raisa, selain itu bukalapak sudah menggunakan aplikasi mobile dan elevenia masih menggunakan website.

  28. #4112022 #AnitaNurSabila
    1. Online shop, menawarkan dan menjual barang di media social seperti facebook, bbm, instagram dll.
    e-commers, menawarkan, menjual barang, merekap penjualan, transaksi dan pelaporan sudah by system seperti website.
    Marketplace, menyediakan system untuk banyak pedagang online shop agar memudahkan pembeli nuntuk memilih barang yang paling murah dan dekat dengan tempat tinggal pembeli.
    2. Tabel perbandingan
    No. Model Penjual/ Akses/ Barang
    1. Online Shop/ Satu/ Berhubungan langsung dengan pembeli, menanyakan barang dan menawar harga/ Bisa dropship dari toko online lain.
    2. E commers / Satu/ Proses beli tinggal klik, lalu transfer, Harga pas. /Barang milik sendiri
    3. Maerketplace/ Banyak/ Proses beli tinggal klik, lalu transfer, Harga pas. /Dapat memilih barang dari banyak toko.

    3. Karakter tokopedia : lebih transparan
    Karakter bukalapak : tidak mendetail

  29. #4112144 #IFA KHITMATUS SA’ADAH / TECHNOPRENIURSHIP B (2)
    Model bisnis yang berbasis jual beli kini semakin berkembang mulai dari Online Shop, e-commerce hingga marketplace.
    1. Berikut merupakan contoh dalam model bisnis dari:
    A. Onlin shop
    Online Shop merupakan sistem belanja online yang mana pembeli dapat melihat gambar produk, menanyakan harga atau pertanyaan lain apapun yang terkait dengan produk kepada penjual secara langsung melalui media sosial yang digunakan untuk melakukan penjualan.
    Beberapa contoh dari model online shop misalnya melalui BBM, WhatsApp, Instagram, LINE, Facebook, dan media sosial lainnya.
    B. E-commerce
    Dalam sistem belanja e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website. Didalam e-commerce barang yang dijual berasal dari website itu sendiri. Cara kerja e-commerce yakni memiliki banyak supplier dimana produk yang akan dijual, diseleksi dan dikontrol oleh mereka, bahkan stock barang dan pengiriman diatur pula oleh mereka. Didalam e-commerce tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka.
    Contoh dari e-commerce itu sendiri misalnya Zalora, Blibli, berrybenka, dll.
    C. Marketplace
    Marketplace merupakan model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah kita akan menemukan produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa penjual dari online shop. Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya.
    Contoh dari marketplace sendiri, misalnya tokopedia, olx, bukalapak, ddll
    2. Perbandingan contoh dari Online shop, e-commerce dan marketplace
    No.Online ShopE-commerceMarketplace1Pemasaran melalui media sosial.Pemasaran melalui website. Pemasaran juga melalui website2.Produk didapat dari supplier.Dimana produk yang ditemui dari website itu sendiri. Produk juga didapat dari supplier.Merupakan pasar online, dimana produk yang ditemui dari penjual yang berbeda.3.Diperiksa oleh sang penjual sendiri.Produk yang akan dijual diseleksi oleh pemegang e-commerce (ex. zalora) itu sendiri.Diperiksa oleh sang penjual sendiri.4. Bisa CODTransfer Transfer 5.Sedikit kurang dipercayaLebih dipercayaLebih dipercaya6.Bisa mengontrol dalam penjualan di Online Shopnya.Bisa kontrol website yang digunakan dalam penjualannya.Tidak memiliki kontrol penuh pada website/situs marketplace, karena hanya numpang jualan.7.Aturan dikendalikan sendiri oleh pelaku Online Shop.Aturan dikendalikan oleh sang pemegang e-commerce (ex. zalora).Terikat dari aturan yang diberlakukan oleh penyedia marketplace
    3. Karakter marketing dari marketplace:
    A. Tokopedia yang belakangan gencar mengusung promosi diberbagai media, mulai kampanye iklan tv, bahkan juga sampai di radio. Dalam iklan pesan komunikasi yang dibangunpun tampak dirancang dengan sangat baik. Sehingga perlahan pesan yang disampaikan mengena. Selain itu juga, menunjang kekurangan dari marketplace lainnya adalah ragam pilihan media yang dipergunakan, kreativitas cara penyampaian pesan komunikasi dalam iklan.

    B. Olx yang sebelumnya bernama Toko Bagus yang berubah menjadi Olx. Hal ini menyebabkan untuk memperkenalkan kembali agar dapat dikenal masyarakat dengan baik, sama halnya dengan nama sebelumnya yaitu “Toko agus”. Dengan itu, sama halnya yang dilakukan oleh tokopedia Olx juga tidak mau kalah dalam membuat iklan, agar dapat dikenal dengan baik, sehingga diharapkan olx lah nantinya yang menjadi tujuan untuk belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *