Soal Uas Technopreniurship 1

Nama Dosen   : Mohamad Ali Murtadho

Kelas /SKS      : B, 4 sks

Sifat                : Take Home dan Online

Petunjuk Pengerjaan

  1. Soal sudah di Upload di website kangali.com
  2. Mahasiswa mengerjakan jawaban di laptop atau di PC disimpan dengan dalam format .doc dan diberi nama dengan format NIM_Nama_Technopreniurship_1
  3. Setelah itu mahasiswa memposting jawaban dikolom komentar artikel/ dibawah soal diawali dengan hastag NIM dan Nama
  4. Selain itu mahasiswa mensubmit jawaban ke-email alimurtadho@ft.unipdu.ac.id dengan subyek NIM_Nama_jawaban uas Kelas B
  5. Mahasiswa dilarang mencotentek dan mengcopy paste jawaban orang lain, Jika ada jawaban yang sama maka jawaban yang pertama yang diakui atau
  6. Peserta boleh mengkomentari, mendebat, mengkritik jawaban peserta lainnya di kolom komentar web tersebut dan berhak mendapatkan point tambahan dengan syarat sudah memposting jawabannya terlebih dahulu.
  7. Peserta tetap hadir pada sesi UAS sesuai jadwal uang untuk melakukan tanda tangan kehadiran dengan syarat sudah memposting jawaban dan mengirimkan jawaban ke email dan menunjukkan kepada petugas jaga dan pengawas UAS.
  1. Technopreniurship 1 (IT. Startup dan dan e-business issu)

Dalam Diskusi di kelas pernah disinggung dan dibahas tentang Startup dengan model bisnis sharing economy atau Coloboratif consumtionGig Economy yakni sebuah bisnis yang memberikan akses terhadap sumberdaya yang dimiliki perorangan perusahaan untuk dimanfaatkan atau di konsumsi bersama dengan orang lain dengan semangat efisiensi dan berbagi resource. Bisnis dengan model sharing economy contohnya adalah seperti Go-Jek, Go-Car, GrabBike, Uber taxi, Grab taxi, AirBnB dan lainnya.

Soal.

  1. Temukan atau carilah ide bisnis yang real dengan model sharing economy ! (Skor 40)
  2. Gambarkan / Jelaskan bagaimana sistem atau proses bisnis dari ide anda tersebut !
  3. Explorasikan bagaimana strategi untuk melakukan monetize dari ide bisnis tersebut! (Skor 30)
Facebook Twitter Email

57 responses to “Soal Uas Technopreniurship 1”

  1. By 4112095_Rendi Agus Sanusi
    1. MMBC TOUR & TRAVEL
    2. Sistem yang ditawarkan Oleh MMBC sampai saat ini adalah di dalam sistem tersebut kita bisa menjual pulsa elektrik, PPOB, Voucher Hotel, Paket Umroh, Tiket kereta dan masih banyak lagi terasuk cara pembayaran yang beragam mulai dari Alfamart hingga menggunakan kartu kredit (CC)
    3. Untuk memulai sebuah usaha, anda harus memiliki izin Perseroan Terbatas atau CV terlebih dahulu. Persyaratan membentuk PT atau CV dapat anda dapatkan melalui jasa notaris. Selanjutnya setelah usaha anda memiliki badan hukum yang resmi, anda harus mendaftarkan usaha anda ke Asosiasi Pariwisata Indonesia. Jika anda sudah memiliki sertifikat keanggotaan, maka anda sudah bisa memulai untuk menjual tiket dari berbagai maskapai penerbangan. Memiliki sertifikat keanggotaan juga merupakan sebuah strategi pemasaran agen tiket pesawat. Di saat anda menjual tiket pesawat dari sebuah maskapai, maka nantinya anda akan diberikan dua jenis tiket. Pertama tiket fisik dan tiket non fisik atau e-ticket. Untuk penjualan e-ticket, anda diharuskan melakukan deposito minimal sebanyak 5 juta rupiah. Sedangkan perangkat yang harus anda siapkan adalah seperti komputer, koneksi internet serta software khusus yang didapat dari maskapai. Namun yang paling ampuh adalah melalui media sosial. Sebab kini semakin banyak masyarakat yang menggunakan media sosial secara aktif. Selain dengan media iklan, anda juga dapat memberikan diskon kepada konsumen agar lebih menarik perhatian. Kemudian anda juga dapat melakukan inovasi lainnya seperti usaha rental mobil dan reservasi hotel. Sebab jika orang bepergian, pastinya mereka akan membutuhkan tempat tinggal yaitu hotel maupun kendaraan selama berada di tempat yang mereka tuju.

  2. 4112052 – Indana Firahmatika

    –> Ide yang didapatkan adalah Slack ingin mencoba menggantikan e-mail kantor dengan membuat platform komunikasi dan dokumen pekerjaan di satu tempat. Mereka ingin menjadi satu aplikasi yang dapat digunakan sepanjang waktu ketika berada di kantor.
    Definisi ‘Slack’ adalah layanan komunikasi berbasis chat.

    –> Slack memiliki keunggulan yang dapat mendukung kinerja sebuah tim. Dengan memanfaatkan Slack, kita dapat memperkuat kerjasama tim kapanpun dan dimanapun. Baik tim kecil maupun tim besar, Slack bisa digunakan secara efektif untuk mendukung segala kebutuhan dalam proses penyelesaian proyek.

    –> Slack mengintegrasikan layanan penting seperti Dropbox, Google App, GitHub, Heroku, Zendesk, dan banyak lainnya.

      • iya pak…
        Slack itu apakah hampir sama dengan WhatsApp ya, pak?
        Slack apakah lebih banyak manfaat dan fitur-fitur yang tersedia daripada WhatsApp?
        Istilah Slack yang saya pahami….
        “Menjaga komunikasi untuk tetap berjalan adalah salahsatu kunci dan aspek untuk membuat proyek sukses dikerjakan. Banyak tools untuk memberikan solusi bagi tim untuk berkomunikasi baik antara pekerja baik freelancer ataupun tim pada perusahaan tertentu. Namun hanya menyediakan fitur yang sederhana dan berkomunikasi saja, tetapi tidak menyediakan alat-alat atau fitur yang mendukung dalah hal menyelesaikan proyek.”

        Slack adalah sebuah platform yang ditujukan untuk berkomunikasi tim. Begitu saya menemukan layanan ini, saya sangat terbantu sekali dalam menyelesaikan proyek dan tentunya memudahkan tim Sundae Studio untuk berkomunikasi. Membuat bekerja semakin mudah, lebih produktif, dan tentunya dengan keamanan yang maksimum diberikan oleh layanan Slack.

  3. 1) – Sharing economy adalah secara “etimologi” sharing adalah berbagi, sedangkan economy adalah seperti asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang kekayaan finansial. Secara “Terminologi” umum sharing economy adalah sikap partisipasi dalam kegiatan ekonomi yang menciptakan value, kemandirian, dan kesejahteraan.
    – ApSipKet (Aplikasi Sistem Penjualan Kerajinan Tangan) latar belakang ide ini karna banyak sekali pada saat ini yang membuat ketrampilan tangan yang sangat indah, yang mempunyai estetika yang sangat tinggi. Tapi jarang sekali di publikasikan ke masyarakat luas, sedangkan masyarakat luas sekarang rata-rata menggunakan dunia internet. karna mayoritas di indonesia tingkat penggunaan IT sudah membumi di indonesia ini.maka dari itu aplikasi ini sangat efektif menjadi bisnis Sharing economy dan menciptakan kesejahteraan ekonomi bagi pengrajin seniataupun kerajinan tangan.
    2) Proses Bisnisnya adalah :
    – Menerima Penjualan ataupun pelelangan Kerajinan tangan di setiap daerah yang sesuai dengan verifikasi kebudayaan daerahnya yang mempunyai nilai yang sangat tinggi secara online.
    – team ApSipKet melakukan sosialisasi secara terjun lapangan, lewat Sosmed, dan media masa.
    – Branding dan desain aplikasi harus mudah dipahami dan menarik pengunjung.
    – Komunikasi ke dinas kebudayaan dan pariwisata agar mendapat respon yang baik.
    – Memahami kebutuhan pangsa pasar, dan selalu intens dalam pengawalan (Monev) pada sistem ApSipKet
    – Merespon baik pengunjung sistem dengan menyediakan kolom Comentar pengunjung tentang sistem ApSipKet.
    3) Proses menghasilkan uang dari aplikasi ini adalah dengan cara menjual produk orang lain seperti OLX, Buka Lapak dll, dan pengembangan sistem perlu di tingkatkan keranah internasional dengan bahasa inggris. bergabung dengan prusahaan besar yang memerlukan produk kerajinan tangan.dengan teknik loby Transnasional.

  4. Jawab Tecnopreneurship 1 : 4112084_Ninda indriani_Technopreneurship_1
    1. Ide bisnis saya ada 2 yang pertama ialah melakukan sharing economy pada bidang rental DVD Movie atau (Share DVD Movie) dan yang kedua sharing economy pada bidang Kos-kosan (Penginapan) yang berada di kawasan Kampus dan daerah wisata karena menurut saya ini sangatlah potensial menghasilkan profit yang menjanjikan.
    2. DVD Movie ialah dimana kita mempertemukan para pemilik DVD dengan para penonton atau penikmat movie.
    Contoh mudahnya :
    Saya mempunyai banyak kaset DVD seri drama korea yang banyak misalkan salah satu judulnya Secreat Garden yang keluar tahun 2010, (DVD ini adalah aset saya) saya tinggal di Jombang saat ini, Mungkin serial-serial saya sudah saya tonton berkali-kali hingga saya merasa bosan. Dari pada DVD saya hanya menumpuk di rak dan menjadi rusak saya lebih baik memanfaatkan atau mengoptimalkan aset saya yakni DVD tersebut. Katakana Jane (sebagai penikmat movie) tinggal di Maluku dan dia baru merasakan demam drama korea series. Dan dia baru merasakan Hype serial Secreat Garden akhir-akhir ini dan berkeinginan untuk menikmati semua episode dari awal dengan mengesampingkan streaming dan download di internet karena sifatnya illegal, Jane hanya ada dua pilihan. Membeli atau menyewa DVD serial Secreat Garden episode 1. Dengan mengakses internet dan memanfaatkan sistem sharing economy, supply dan demand akhirnya dipertemukan. Supply saya yakni punya asset DVD serial korea demand Jane yakni ingin menonton serial secreat garden.
    Secara Simpel : Sharing economy dapat memotong kebutuhan kita terhadap kebutuhan yang kita perlukan tanpa harus membeli barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dengan internet individu dapat dipertemukan supply dan demandnya. Dan tentunya saya bisa mengoptimalkan asset saya secara maksimal sehingga tidak terjadi waste.
    Proses Bisnis bidang penginapan : kerena daerah sekitar kampus dan area wisata sangat memungkinkan banyak orang yang membutuhkan penginapan dan rumah-rumah daerah sekitarnya mungkin banyak yang memiliki ruang atau kamar kosong yang tak terpakai dari pada dibiarkan kosong alangkah baiknya jika kita manfaatkan sekaligus mencari keuntungan. Sistem bisnis nya : mereka yang memiliki ruang kosong akan mempromosikan melalui aplikasi HomeStay aplikasi ini akan di rancang agar mempertemukan antara pemilik ruang atau rumah dengan para penginap yang menginginkan tinggal setelah nantinya penginap melakukan reservasi maka penginap tinggal menuju lokasi dan untuk pembayaran bisa langsung saat di situ atau transfer bank terlebih dahulu.

    3. Strategi yang dapat digunakan :
    A. Memberikan keunikan tehadap pelayanan
    B. Menawarkan produk (DVD drama series) yang sedang hits
    C. Menentukan harga yang relative terjangkau dan lebih murah dari pada
    Harga jika membeli
    D. Memberikan pelayanan terbaik kapada pelanggan

  5. #4112088 #Nur_Rizky_Lathifah

    1. Ride–Sharing
    2. Konsep ride sharing secara mudah bisa diartikan sebagai aktivitas “nebeng”. Kendaraan yang digunakan untuk bisnis ride sharing memang cukup bervariasi mulai dari kendaraan bermotor roda dua dan empat atau sepeda. Perpaduan konsep ride sharing yang dilengkapi dengan teknologi real time membuat banyak orang yang mencobanya jadi ketagihan untuk menggunakan layanan ini. Misalkan berangkat bekerja dari Kalibata menuju Cengkareng, daripada mobilnya kosong karena sendirian, mending ditawarkan pada orang-orang yang punya rute sama dengan pengemudi, siapa tahu mereka mau naik mobil pengemudi. Dan tidak harus pasang tarif untuk orang-orang yang mau naik mobilnya.
    3. Untuk memaksimalkan pergerakan orang bukan kendaraan. Secara sederhana, ridesharing dapat didefiniskan sebagai proses menumpang dan pemberian tumpangan kepada traveller lain agar berkendara bersama-sama dalam satu kendaraan. Dengan melakukan sosialisasi mengenai ride-sharing dapat membantu warga untuk mengenalnya.

  6. #4112058_lailatul-afifah_technopreniurship_1
    1. Technopreniurship 1
    a) BISTIP.COM
    b) Bistip.com adalah sebuah komunitas online untuk layanan titip-menitip barang. Situs ini merupakan alternatif dari layanan pengiriman barang yang biasanya memakan banyak waktu dan biaya. “Semuanya dilakukan dengan cara menitip langsung pada anggota komunitas kita sendiri,”
    c) Bistip.com sebagai Peer to Peer Courier Service merupakan situs yang memberikan kesempatan bagi pelawat (traveler) untuk menyampaikan kepada seluruh dunia bahwa dia sedang berada di suatu tempat dan akan kembali dalam kurun waktu tertentu, dan tentu saja siap dititipi membeli barang yang Anda inginkan. Bagi siapapun yang ingin menitip sesuatu dari traveler ini, akan dikenakan biaya sesuai dengan keinginan traveler. Misalnya ada orang yang sedang berada di Singapura dan akan kembali ke Indonesia tiga bulan lagi, maka orang Indonesia yang mau menitip sesuatu seperti tas, sepatu, atau apapun bisa menginformasikan ke orang yang di Singapura tersebut.
    Ketika orang yang di Singapura datang dan membawa barangnya, yang menitip harus membayar harga barang plus komisi sebesar yang diinginkan oleh traveler. Biasanya kesepakatan dilakukan di awal transaksi.

  7. #4112130
    #Muhammad_Mansur
    1. Ide bisnis saling bantu
    2. Proses bisnis dari ide ini yaitu dengan cara mengumpulkan dana dari masyarakat untuk disalurkan kembali dengan cara kredit kepada pemilik usaha-usaha kecil.
    3. Untk melakukan monetize dari bisnis ini, para investor akan mendapatkan bagian berapa persen dari dana yang di investasikan. Diusahakan bunga dari kredit ini lebih kecil daripada bunga kredit dari bank-bank yang ada, sehingga masyarakat yang mengajukan kredit tidak terbebani dan yang menginvestasikan dananya juga tetap mendapatkan untung.

  8. 1. KuAli (Angkutan Sekolah Online)
    2. System dari angkutan online ini berbasis android seperti halnya Go-jek, Grab Bike. Pada proses bisnis ini angkutan angkutan diberi fasilitas online tantuntunya dengan pelatihan dan seleksi yang layak pakai. Memeberikan fasilitas antar jemput pelajar untuk naik angkutan online tersebut dengan syarat harus memiliki aplikasi KuALI tersbut untuk pemesanan dari system online tersebut menacari angkutan online yang paling terdekat pada pemesan dengan fasilitas langsung tujuan dan harga yang otomatis muncul sesuai dengan jarak yang di tempuh,.
    3. Menggunakan kembali angkutan umum yang pada era saat ini mengalami penurunan peminat, maka dari itu untuk memadudan era serba teknologi ini menjdikan nilai guna yang tinggi.

  9. #inayatul_karimah
    #4112051
    1. Couchsurfing
    2. Dengan konsep memberikan tempat tinggal gratis untuk menginap selama dalam perjalanan bagi para anggotanya
    3. Sesuai namanya, kegiatan CouchSurfing yang utama sebenarnya ada dua:
    1. CouchArtinya: Sofa. Sofa dalam komunitas ini maksudnya adalah penginapan. Couch dalam CouchSurfing menunjuk kepada memberikan penginapan. Dalam pengertian sehari-hari diartikan menjadi Tuan Rumah yang memberikan penginapan untuk anggota lain. Mereka yang biasanya memberikan rumah/sofa nya untuk tinggal biasanya disebut Host (Tuan Rumah)
    2. Surf Artinya: Selancar. Selancar dalam komunitas ini maksudnya adalah menyusur, yang dijadikan sebagai analogi mencari tempat tinggal/sofa yang bisa ditinggali. Surf dalam CouchSurfing menunjuk kepada menginap ditempat anggota lain. Dalam pengertian sehari-hari diartikan menjadi Tamu yang mencari tempat penginapan kepada anggota lain. Mereka yang biasanya tinggal di tempat tuan rumah biasanya disebut Guest (Tamu)
    CuchSurfing bagi Pemula :
    tidak semua anggota bisa langsung melaksanakan dua kegiatan utama diatas segera setalah bergabung dengan CouchSurfing. Dilain pihak, banyak anggota yang telah melakukan dua kegiatan utama sebagai tamu dan tuan rumah ingin memberikan kontribusi lebih kepada komunitas. Kami sarankan mengikuti kegiatan CouchSurfing dalam tahapan sbb:
    1. Bergabung dengan Group/Forum
    2. Datang ke pertemuan CouchSurfing
    3. Mencoba menjadi Tuan Rumah (Host)
    4. Mulai menjadi Tamu (Guest)
    5. Berkontribusi menjadi sukarelawan.

  10. #4112983 #Neila_Amalia_Silmi
    1. Co-working Space
    2. Co-working Space adalah suatu area yang dapat digunakan bersama-sama dengan konsep disewakan per jam, per hari atau per bulan. Co-working Space ini digunakan oleh pekerja kreatif atau freelancer yang membutuhkan ruang kerja yang kondusif, namun belum mampu untuk menyewa satu kantor sendiri atau bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman bekerja dari tempat yang baru.
    3. Perbedaan yang mendasar antara co-working space dengan tempat perkantoran lain yakni adanya aspek komunitas kerja di dalamnya. Umumnya layanan co-working space dikembangkan di sebuah gedung perkantoran yang besar. Pada lantai yang telah dipermak menjadi bilik-bilik kerja, co-working space di tawarkan dalam bagian-bagian terpisah. Namun dari sisi desain interior, bagian-bagian tersebut sebenarnya terhubung satu sama lain bahkan pada beberapa pengembang co-working space justru melepas sekat antar ruang kerja tiap klien sehingga penyewa yang terdiri beberapa unit usaha tersebut dapat saling “bersentuhan” satu sama lain.
    Pada umumnya dalam sebuah co-working space juga menerapkan kriteria tertentu untuk perusahaan atau startup yang ingin bergabung. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas serta terkadang memiliki tema usaha tertentu. Sebagai contoh ada co-working space yang hanya menerima klien yang bergerak dalam bidang pembuatan software dan #aplikasi. Dengan adanya pengelompokan ini tentu menjadi potensi tambahan bagi tiap individu untuk mendapatkan pengetahuan baru dari “tetangga” kerjanya.
    Selain itu yang menjadi ciri khusus lain dari co-working space adalah kesan “homy” yang ditawarkan. Tidak seperti kantor konvensional yang umumnya mempunyai desian interior monoton, co-working space datang menawarkan atmosfer tempat kerja yang lebih santai serta mengutamakan kenyamanan. Ruangan dengan cat modern minmalis dan beragam furniture aneka bentuk yang tersebar di seluruh area kerja tinggal di pilih sesuai dengan kebutuhan atau mood pekerja. Selain itu juga ada fasilitas pendukung lain seperti layanan cetak dokumen, jaringan internet serta terkadang ada juga yang menyediakan bar berisi cemilan serta minuman ringan.

  11. #4112073_MUhammad Amri Irvan Syah
    A. Technopreneur 1
    1. Di Darul ‘Ulum para santri kesulitan saat hendak keluar dari pondok entah itu ada keperluan atau acara, kendalanya adalah kendaraan untuk mereka. Dari sini muncullah ide untuk membuat penyewaan motor berbasis online yang bernama SE-MO, aplikasi berbasis web dan android sehingga bisa diakses dari web dan gadget.
    2. Bisnis ini adalah penyedia jasa penyewaan motor, bsnis ini berbasis online yang dapat diakses dari web dan gadget. Konsep dari SE-MO ada saat konsumen ingin menyewa motor, konsumen hanya tinggal pesan melalui pc gadget disitu nanti akan ada pilihan untuk menyewa motor jenis apa bebek atau matic. Setelah memilih motor dan berapa lama menyewa, maka motor akan diantar ke tempat konsumen.
    3. Di Darul ‘Ulum ada sebuah penyewaan motor, tapi konsumen yang ingin menyewa harus datang ke tempat penyewaan itu. Tentu saja konsumen sedikit merasa rugi apa bila jarak dari tempat konsumen dan tempat sewa motornya jauh. Di sini SE-MO menggunakan pelayanan antar untuk konsumen yang menyewa motor dan konsumen tidak perlu datang untuk mengembalikan karena nanti pihak dari SE-MO yang akan mengambil motor tersebut, jadi konsumen tidak perlu datang ke tampat sewa setelah jam sewa habis maka pihak dari SE-MO langsung datang ke tempat konsumen.

  12. #4112059#latifatul_hikmah
    1. Jual beli hp
    2. Kita membuat aplikasi jual beli online seperti hp atupun barang elektroknik lainnya, kemudian kita tawarkan kepada orang lain, kemudian kita bilang saya membuat aplikasi online tentang web anda, kemudian hp anda saya jual, tetapi harga yang saya tawarkan beda dengan yang anda tawarkan, sehingga dengan kata lain saya mempromosikan produk anda lewat web, kemudian saya dapat untung dengan harga produk yang saya cantumkan pada web tersebut. Ataupun bisa kita membeli barang second orang kemudian kita jual dengan harga kita sendiri dengan menggunakan aplikasi yang kita buat
    3. Dengan membuat iklan ataupun moto yang berbeda dengan yang lainnya, menawarkan diskon ataupun harga yang lebih murah bagi pembeli pertama, membuat web online, menawarkan kepada anak remaja terutama remaja yang suka barang elektronik

  13. Technopreniurship 1
    1. Ide bisnis dengan model sharing economy misalnya go-jek
    2. bisnis yang dijalankan dengan cara melakukan sharing economy adlah bisnis yang efisien dan strategis, kita tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mencari pelanggan kita, karena bisnis ini bisa menggunakan platform untuk wadah dari semua pembisnis, misalnya go-jek. Go-jek disini adalah sebuah bisnis yang berhubungan dengan jasa. Disini seperti ojek online, yang dapat dilakukan pelanggan dengan cara memesannya melalui sistem yang sudah tersedia, pelanggan tidak perlu mencari ojek dengan dating langsung kepangkalan ojek atau menunggu lama ojek-ojek yang sedang melintas dijalan. Dengan sistem ini pengojek sudah dijamin keamanannya, karena data tukang ojeknya sudah terdaftar dalam suatu perusahaan.
    3. Strategi untuk melakukan monetize pada go-jek bisa dengan cara memromosikan usaha go-jek ini dengan cara facebook, bbm, instagram dll, misalnya dengan menambah mempromosikan sistem go-jek ke facebokk ini akan menambah pengetahuan masyarakat mengenai usaha go-jek ini. Para pembisnis bisa mempromosikan dirinya sendiri sebagai tukang ojek melalui facebokk fanspage, karena bisa menambah pengetahuan masyarakat terhadapnya.
    #4112030_Dany

  14. 4112081_Musyaffak_Technopreniurship_1

    1. Salah satu penerapan sharing economy, yaitu bisnis dengan aset yang ramping atau asset light company, sudah dikenal lama sebelumnya. Bisa dibilang, memiliki asset light company adalah idaman tiap pengusaha. Tanpa memiliki banyak aset, mereka dapat memperoleh keuntungan yang lumayan. Contoh sukses konsep bisnis ini adalah Zipcar, perusahaan car sharing yang dimulai di Boston, Amerika Serikat, pada tahun 1999. Kini, dengan menjalankan sharing economy dan bermodalkan online platform yang biayanya relatif rendah, memiliki bisnis yang asetnya ramping makin memungkinkan. Dari segi manajemen, model bisnis ini menghadirkan inovasi nilai (value innovation), yang dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat, mulai dari pihak pebisnis sebagai pencipta platform, juga penyedia layanan dan pelanggan.
    Dalam mengembangkan model bisnis sharing economy, tantangan yang paling besar adalah trust atau kepercayaan. Karena adanya hubungan saling menguntungkan bagi tiap stakeholder yang terlibat, mereka akan saling menjaga kepercayaan itu. Tapi, di tengah persaingan, bisa saja ada oknum yang melakukan tindak kriminal dengan mengambinghitamkan bisnis tertentu untuk merusak kepercayaan publik.
    Lebih jauh, implikasi dari kepercayaan ini adalah kurangnya quality control dari pebisnis. Bila ingin memiliki kontrol yang lebih ketat, harus ada kepemilikan aset, sehingga nanti bisnisnya tidak lagi asset light. Bila Anda hendak merintis bisnis dengan aset yang ramping, terutama yang berbasis teknologi informasi, mulailah dengan bereksperimen dalam skala kecil. Ini penting untuk melihat apakah model bisnisnya bisa berjalan. Bila berhasil, saatnya memperbesar bisnis dengan menggaet investor.

    Setelah mendapatkan pendanaan, barulah Anda akan diuji betul, apakah model bisnisnya akan bisa berjalan di skala yang lebih besar. Selanjutnya adalah proses peningkatan layanan, seperti menambahkan fitur, memperkuat trust, memperbaiki layanan pelanggan dan operasional, sambil terus melakukan inovasi lanjutan. Nantinya, perusahaan dengan model sharing economy atau collaborative consumption akan menjadi mainstream. Sekarang pun kita sudah mulai menyadari bahwa sumber daya makin terbatas sehingga harus makin dihemat. Tekanan-tekanan seperti ini nantinya akan mendorong tiap perusahaan untuk peduli pada lingkungan dan permasalahan sosial.
    2. Sistem atau proses bisnis yang saya tuangkan berbasis online dan offline penjualan batik madura, untuk mencapai pemasaran yang baik saya mencari hubungan atau jaringan lebih luas untuk mendapatkan informasi dan pengenalan produk saya lebih luas
    3. Strategi untuk melakukan metode ide bisnis tersebut.
    a. Mempunyai modal
    b. Mempunyai jaringan atau teman bisnis
    c. Pengelolahan produk yang baik
    d. Mempunyai lahan atau toko,toko online atau offin
    e. Pempunyai karyawan yang bisa menjalankan bisnis saya

  15. #4112137 Ahmad Sholikhun
    Nama : Ahmad Sholikhun
    Nim : 4112137
    Kelas : B
    MKA : Technopreniurship 1
    1. Temukan atau carilah ide bisnis yang real dengan model sharing economy ! (Skor 40)
    2. Gambarkan / Jelaskan bagaimana sistem atau proses bisnis dari ide anda tersebut !
    3. Explorasikan bagaimana strategi untuk melakukan monetize dari ide bisnis tersebut! (Skor 30)
    JAWABAN
    1) Website penjualan makanan online, latar belakang pengambilan ide bisnis ini karena melihat dari perkembangan teknologi yang sangat pesat dimana hampir semua orang menggantungkan hidup nya dengan gadget nya. Dengan perkembangan ini membuat banyak kemudahan bagi masyarakat alah satu nya dalam hal jual beli, dengan adanya jual beli online hamper semua masyarakat ketika ingin membeli suatu hal melalui jual beli onile, bahkan membeli makanan siap saji secara online pun sudah banyak di lakukan masyarakat.

    2) Proses Bisnisnya adalah :
    a. Menerima pesanan makanan siap saji secara online.
    b. Team melakukan sosialisasi secara terjun lapangan, lewat Sosmed, dan media masa.
    c. Branding dan desain website harus mudah dipahami dan menarik pengunjung.
    d. Memahami kebutuhan pangsa pasar, dan selalu intens dalam pemantauan.
    e. Menerima kritik dan saran oleh pembeli dengan menyediakan kolom komentar demi kenyamanan dan kemajuan bisnis ini.

    3) Untuk penyedia makanan siap saji maka kita tidak akan memasak sendiri akan tetapi mencari supplier dan menjalin kerjasama dengan warung makan atau restoran seperti yang sesuai dengan menu makan yang kita sediakan.

  16. 4112080_Munawwirotul A
    1. Bisnis yang akan saya buat adalah menawarkan produk kosmetik dan fashion wanita.
    2. Dengan bisnis yang akan saya buat ini yaitu produk kosmetik dan fashion wanita dengan memanfaatkan tokopedia sebagai sarana untuk berbisnis.
    3. Memanfaatkan tokopedia sebagai lahan penjualan atau berpromosi.

  17. 4113105_RUDI HERMAWAN_Technopreniurship_1
    1. Ide Bisnis Model Sharing Economy
    konsep ini pada awalnya ‘peer-to-peer sharing’ atau berbagi diantara sesama orang yang dikenal atau orang-orang yang berada dalam jaringan (networking).
    Contoh: saya mau bisnis buat warnet dengan teman saya saya menjadi pemilik computer dan teman saya menjadi pemilik tempat dan disitu kita membagi hasil dari keuntungan kita tersebut. Dan setelah itu di dalam mengelola warnet itu. Kita bekerjasama jika ada pengeluaran dan pemasukan selalu dihitung dan kemudian jika ada perangkat computer yang rusak atau trouble saya yang mnghendle dan untuk pembayaran listrik teman saya yang menghendle. Permaslahan-permasalah sudah kita alami bersama dan ahirnya ketika mendapatkan hasil yang tinggi kita bagi rata hasilnya dan juaga sebaliknya itu adalah suatu model bisnis sharing Economi/Ekonom berbagi.

    2. System Bisnis
    System bisnis ini dilakukan oleh dua orang yang memiliki usaha dan tujuan yang sama yaitu dengan membangun warnet. Proses bisnis yang kita lakukan adalah dengan berbagi penghasilan saya yang bermodal computer dan teman saya bermodal tempat dan listrik. Usaha yang kita jalankan ini memiliki kosenkuensi usaha ketika usaha kita naik dan turun jika usaha yang kita bangun mendapatkan keuntungan yang lebih maka kita juga dapat keuntungan yang lebih pula dan juga sebaliknya. Dalam mengelola bisnis warnet ini kita mendapat kerja setiap harinya saya bekerja menjaga warnet dari pagi sampai siang dan begitu juga teman saya dapat giliran menjaga wanet dari siang sampai malam.

    3. Strategi Melakukan Monetize
    seluruh macam kegiatan yang telah kita terapkan melalui berbagai metode dengan tujuan menghasilkan uang yang lebih dan lebih seperti dengan menjual kartu gesek atau sering disebut juga wifi.id/speedy instan untuk mendapatkan penghasilan yang efektif dan disamping itu usaha yang kita lakukan juga membangun percetakan seperti foto,print,dan fotocopy.itulah monetize
    untuk membangun warnet kita ini dengan harapan ingin menjadi wirausaha yang berguna buat masyarakat.

  18. 4112065_Mahmud Ubaid_Technopreniurship_1
    1. Bisnis jasa dengan nama visit jombang
    2. Menciptakan sistem informasi yang berbentuk jasa yang sangat berpotensi untuk dikunjungi halayak, contoh wisata, wisata religi, wisata kuliner dll.kita menyediakan sejumlah pencarian maps dalam aplikasi yang bertujuan menghantarkan pada tujuan yang dipilih. selain itu kita menyediakan fitur tambah wisata baru untuk pencarian dan disana para penambah lokasi (member) bisa menambahkan wisata yang belum terdaftar dalam aplikasi visit jombang.
    3. para penambah lokasi wisata (member) menyediakan jasa travel untuk yang wisata dan wisata religi misalnya, atau boking tempat dan pesan menu untuk yang wisata kuliner.keuntungan diperoleh oleh penambah lokasi wisata dari boking atau sewa tempat atau juga sewa travel.

  19. By 4112008_AGNES EFINESSIA
    4112008_AGNES EFINESSIA_Technopreniurship_1
    1. Aplikasi penjualan rumah bekas
    2. Aplikasi penjualan rumah bekas ini termasuk bisa membantu pengurangan rumah – rumah kosong yang tidak terpakai, dari pada rumah dianggurin begitu saja mending dijual dan mengurangi rumah kosong yang tidak enak dipandang karena tidak terawat. Rumah – rumah yang tidak terpakai ini bisa dijual dan bisa di tawar melalui aplikasi tersebut sesuai kondisi rumah.
    3. Strategi bisnisnya yaitu setelah mempunyai aplikasi tersebut jelaslah orang tersebut akan menawarkan rumah bekas yang dimilikinya atau orang tersebut mencari rumah yang akan dibeli, orang tersebut akan di berikan informasi lokasi rumah yang diinginkan pencari rumah, itu biasanya menarik pencari rumah untuk menawar harga kepada pemilik rumah bekas. Pemosting rumah bekas yang akan dijual harus memenuhi persyaratan agar tidak mengecawakan pembeli.

  20. 4112066_MISFAH_SOFANNI_Technopreniurship_1
    1) Aplikasi berjudul Go Mechanic
    2)Bisnis yang bergerak dalam bidang jasa, melayani segala macam perbaikan kendaraan baik roda dua maupun roda empat ditempat. Aplikasi ini lebih dikhususkan pada pengendara yang sedang mengalami mogok, ban bocor ataupun kendala mekanik lainnya.
    3)Strategi bisnis dalam hal ini sebelumnya calon mekanik mendaftar sebagai mekanik, dan pengendara mendaftar sebagai anggota. Setelah pengendara memiliki aplikasi ini diharapkan nantinya saat pengendara mengalami masalah kendaraannya dapat menggunakan aplikasi ini. Beberapa waktu kemudian mekanik akan datang untuk melakukan servis. Servis dilakukan ditempat, jikalau tidak memungkinkan akan dibawa pada bengkel terdekat

  21. #4112015 #Aini Rohmahwati

    1. Bisnis Sharing ekonomi wisata tour guide wisata kota
    2. Bearawal dari saya yang tidak tahu mana mana dan ingin kemana mana tetapi tidak tahu mana mana, kemudian juga berdasarkan pengalaman teman yang pergi keluar kota namun menggunakan kendaraan umum, dan sesampai di kota tersebut sulit mendapatkan jasa persewaan kendaraan. Sementara akses ke wisata tertentu kadang tidak dapat dilalui angkutan umum. Atau semakin sulitnya angkutan umum seiring banyaknya kendaraan pribadi.
    Maka bisnis ini nantinya akan melahirkan aplikasi jasa tour guide. Pengguna mengakses aplikasi yang tersedia, lalu memilih tour guide terdaftar dimasing masing wilayah. Tour guide ini nantinya akan menunjukkan jalan yang ingin kita tuju, selain memberi informasi , pengguna yang notaben nya adalah self backpaker dapat sekaligus menyewa kendaraan yang disediakan, jadi ketika kita berada di luar kota, tidak punya teman, tidak punya kendaraan, maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan jasa tersebut. dengan adanya bisnis ini.
    Jadi ketika orang lain (orang asing) ingin berkunjung ke kota lain, diharapkan layanan ini dapat membantu untuk menjelajah wilayah yang di tuju. Dengan fasilitas fasilitas yang telah disediakan dan ditawarkan.
    3. Untuk monetize dari bisnis ini adalah bergantung dengan jasa yang digunakan. Semakin besar jasa yang digunakan maka semakin besar biaya yang dikeluarkan, namun semakin sering menggunakan, maka tentunya akan ada bonus bonus tertentu yang ditawarkan.

  22. #4112019 #Ammandha_Rizky_A
    1. Technopreneurship 1

    a. Pujasera (makanan, minuman, pakaian dll).

    b. Proses bisnis yang akan berjalan nantinya yaitu kita mengumpulkan para pedagang. Yang termasuk Pedagang yang akan ikut yaitu dari berbagai Pedagang mulai dari makanan, minuman, pakaian dll. Setelah itu kita mencari tempat yang strategis dan aman serta nyaman buat Para Pembeli nantinya. Yang pasti juga tempat tersebut sudah memiliki izin untuk digunakan proses jual beli. Setelah tempat dan para Pedagang berkumpul, langkah selanjutnya yaitu proses niaganya. Jadi, Para Pedagang menjual barang yang berbeda yang bisa saja Pembeli, walaupun datang ke tempat satu Pedagang akan tetapi boleh beli di tempat Pedagang yang lain. Contoh misal Budi membeli nasi ditempat warung makan A dan minumnya beli di tempat warung B, ataupun bisa saja beli pakaian atau yang lain ditempat Pedagang di area Pujasera tersebut. Ide pokok dari proses ini yaitu sama – sama modal tempat, boleh sama barang dagangannya, boleh juga hanya beli satu barang dan yang lain beli ditempat lain, yang penting saling menguntungkan dan mempromosikan barang dagangan sesama Penjual di area Pujasera tersebut.

    c. Explorasikan bagaimana strategi untuk melakukan monetize dari ide bisnis tsb
    Monetize yang dilakukan yaitu selalu up to date atau selalu bisa membaca peluang terjadi di lingkungan sekitar. Contohnya yaitu selalu merubah area tempat berjualan serta barang dagangannya. Bertujuan agar selalu mengerti dan tau apa yang masyarakat saat ini inginkan dan butuhkan, agar yang sudah jadi Pelanggan tidak bosan dan selalu senang saat datang karena selalu memperoleh layanan terbaik dari tempat Pujasera tersebut.

  23. #4112131 #muhammad_hadzikul_fikri
    1. ide bisnis OpenTrip
    2.OpenTrip yaitu sistem atau proses bisnis sebuah jasa paket wisata gabungan dengan mengabugkan beberapa peserta menjadi satu kelompok dalam jumlah banyak, sehingga menjadikan paket wisata OpenTrip menjadi lebih hemat dikarenakan share cost dari beberapa peserta OpenTrip. Modal yang dibutuhkan untuk membuat rencana perjalanan lengkap dengan jadwal wisata, tujuan wisata, tempat menginap, dan transportasi yang digunakan. Keunggulan dari jasa OpenTrip Menghemat uang yang dikluarkan, bisa traveling gratis dan OpenTrip bisa mendapatakan teman baru sesama hobi meskipun ada yang berangkat sendiri. kenapa ide bisnis OpenTrip? dari yang saya rasakan, ketika melihat penyelengara traveling masih mengunakan media sosial, melihat tersebut munculah sebuah ide sebagai peluang bisnis untuk merencanakan sistem layanan OpenTrip dimana semua orang atau jasa traveling lain yang ingin traveling bisa tinggal membuat jadwal wisata di layanan OpenTrip sehingga jasa traveling tidak perlu membuka agen jasa traveling dengan modal banyak. Peserta OpenTrip bisa mengikuti jadwal traveling yang di inginkan yang ada di catalog sistem OpenTrip itu sendiri. Sistem OpenTrip adalah sebuah bisnis semacam marketplace.
    3.Strategi untuk melakukan monetize dari ide bisnis OpenTrip yang pertama adalah meningkatkan keberadaan OpenTrip itu sendiri. kemudian dari konsumen pemberian suatu voucher atau point kepada jasa maupun peserta OpenTrip untuk menigkatkan keuntungan. Dan yang kedua meningkatkan komunitas OpenTrip yang nantinya dapat menarik “open” sebagai jasa traveling, dan banyak yang ikut “ngTrip” sebagai peserta itu sendiri.

  24. #4112141#Harits Julianto
    a.Rental Mobil
    b.System rental mobil yang dulunya manual sekarang di komputerisasi. Pelanggan mengisi form booking secara online yang sudah disediakan, setelah mengisi dan form booking di kirim ke bagian layanan, bagian layanan akan menjawab ketersediaan kendaraan yang akan di sewa, pelanggan mengkonfirmasi pesanan, bagian layanan juga akan memberikan konfirmasi secepatnya setelah pelanggan memberikan konfirmasinya, setelah deal dengan bagian pelayanan pelanggan harus melakukan DP sebesar 30% dari harga mobil dan tanggal sewa melalui transfer ke rekening yang sudah di tentukan. Lalu pelanggan mendatangi tempat rental untuk melengkapi syarat-syarat penyewaan mobil, dan menyerahkan bukti transfer.
    c.-dari manual ke komputerisasi
    -mengisi form booking online
    -pelayanan cepat

  25. #4112064
    #Mohamad_Rizqon Thoyiba

    1. Tanibox
    2. Ide bisnis ini adalah menjual peralatan bertanam hidroponik. Hidroponik sendiri adalah penanaman yang menggunakan air sebagai medianya. Hal ini cocok digunakan bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan yang luas. Penanaman pun bisa dilkakukan dihalaman rumah dan juga bisa sebagai hiasan rumah.
    3. Strategi bisnis ini adalah yaitu mempromosikan ke masyarakat yang ingin menanam sayuran tetapi tidak memiliki lahan yang luas, khususnya mereka yang tinggal di kota.

  26. #4112037
    #Eni lydia s
    ide bisnis dengan model sharing economy berupa Jasa Fotografi. Karena pada dasarnya untuk memulai bisnis kita harus memiliki motivasi yang tinggi, supaya usaha yang kita jalankan ini dapat berhasil. Fotografi adalah sebuah seni, ilmu penegathuan menciptakan gambar yang tahan lama dengan merekam cahaya atau radiasi elektromagnetik baik secara kimia ataupun dengan film fotografi atau secara elektronik melalui sebuah sensor gambar. Di era ini dari remaja bahkan sampai orang dewasa tentunya tak mau ketinggalan untuk mengabadikan momen-momen kerennya, karena untuk saat ini mengabadikan moment sangat digandrungi khususnya para remaja untuk diupload di media social. Dari situlah saya mendaptkan inovasi untuk berbisnis dalam bidang jasa foto dengan konsep foto yang berbeda. Dengan konsep paket foto wedding dan pre-wedding, serta pada acara yang lain, seperti acara keluarga, foto tahunan siswa sekolah dan lain sebagainya. Selain itu paket foto wedding ada pula konsep dari jasa ini adalah ingin menunjukkan bahwa makanan juga bisa menjadi hal yang menarik untuk difoto dan ingin mengkomunikasikanya kesan apa yag ingin disampaikan oleh maknan itu sendiri. Pada bisnis ini, menyajikan konsep yang berbeda dengan fotografi yang lain yaitu dengan konsep, eksklusif kenyamanan dan kepuasan hasil dari konsumenlah yang menjadi prioritas. Selain itu kami melayni foto tidak hanya distudio foto melainkan outdor.

  27. #4112022 #AnitaNurSabila
    1. Membuka “your café’s room” adalah Cafe dengan suasana kondusif untuk para pelajar ataupun freelancer. Namun untuk memboking pembeli harus mempunyai aplikasi “your café’s room” yang sudah berbasis android untuk mengetahui status café tersedia atau sudah terbooking.
    2. Cafe yang di harapkan adalah dengan model meyediakan ruangan-ruangan sesuai dengan keinginan customer. Tipe ruangan yang di sediakan ada 3 yaitu pertama ukuran kecil untuk 1 orang, kedua ruangan sedang untuk kapasitas 3 orang, ketiga ukuran besar untuk kapasitas 5 sampai 10 orang. Membuat suasana senyaman mungkin dan menyediakan wifi gratis.
    3. Untuk harga sewa ruangan relative murah dan bermain harga di makanan dan minumannya.

  28. #4112144 #ifa_khitmatus_sa’adah
    4112144 / IFA KHITMATUS SA’ADAH / TECHNOPRENIURSHIP B (1)

    Salah satu ide sharing economy yang menjadi sebuah konsep bisnis yang memberikan akses terhadap sumber daya yang dimiliki perorangan atau perusahaan untuk dimanfaatkan atau dikonsumsi bersama. Berikut merupakan salah satu ide, yang masih perlu dikembangkan lagi:
    1. Penyewaan stand toko
    2. Untuk proses bisnis dari penyewaan stand toko ini disediakan bagi orang-orang yang ingin membuka stand toko akan tetapi tidak ada ruang baginya untuk mendirikan stand itu sendiri, maka dengan penyewaan toko ini dapat menjadi salah satu solusi dalam mendirikan toko. Didalam penyewaannya tentulah ada persyaratan bagi pemilik stand yang diberikan kepada sang penyewa. Persayaratan ini diberikan misalkan syarat pembayaran uang sewa, misalkan dengan pembagian hasil, dibayarkan tiap satu tahun, atau bahkan dengan jangka beberapa tahun. Hal ini juga dapat menguntungkan bagi penyewa juga bagi sang penyewa.
    Hal ini sama halnya dengan Go-Jek, Go-car dan lain sebagainya, dimana penyewa membutuhkan maka penyedia jasa menyediakan stand toko yang kosong untuk disewakan dengan perjanjian jangka waktu yang telah disepakati oleh kedua pihak.
    3. Bagi sang penyedia stand toko dapat menyediakan stand sesuai dengan yang diinginkan oleh calon penyewa, ataupun dapat juga menyediakan stand sesuai dengan budget yang dimiliki oleh calon penyewa, jadi penyedia bisa fleksibel untuk memenuhi kebutuhan calon penyewa, sehingga calon penyewa merasa diberi kemudahan untuk melakukan atau mendirikan usaha yang dilakukan dengan bantuan sewa stand toko.

  29. #4112144 #IFA KHITMATUS SA’ADAH / TECHNOPRENIURSHIP B (1)
    Salah satu ide sharing economy yang menjadi sebuah konsep bisnis yang memberikan akses terhadap sumber daya yang dimiliki perorangan atau perusahaan untuk dimanfaatkan atau dikonsumsi bersama. Berikut merupakan salah satu ide, yang masih perlu dikembangkan lagi:
    1. Penyewaan stand toko
    2. Untuk proses bisnis dari penyewaan stand toko ini disediakan bagi orang-orang yang ingin membuka stand toko akan tetapi tidak ada ruang baginya untuk mendirikan stand itu sendiri, maka dengan penyewaan toko ini dapat menjadi salah satu solusi dalam mendirikan toko. Didalam penyewaannya tentulah ada persyaratan bagi pemilik stand yang diberikan kepada sang penyewa. Persayaratan ini diberikan misalkan syarat pembayaran uang sewa, misalkan dengan pembagian hasil, dibayarkan tiap satu tahun, atau bahkan dengan jangka beberapa tahun. Hal ini juga dapat menguntungkan bagi penyewa juga bagi sang penyewa.
    Hal ini sama halnya dengan Go-Jek, Go-car dan lain sebagainya, dimana penyewa membutuhkan maka penyedia jasa menyediakan stand toko yang kosong untuk disewakan dengan perjanjian jangka waktu yang telah disepakati oleh kedua pihak.
    3. Bagi sang penyedia stand toko dapat menyediakan stand sesuai dengan yang diinginkan oleh calon penyewa, ataupun dapat juga menyediakan stand sesuai dengan budget yang dimiliki oleh calon penyewa, jadi penyedia bisa fleksibel untuk memenuhi kebutuhan calon penyewa, sehingga calon penyewa merasa diberi kemudahan untuk melakukan atau mendirikan usaha yang dilakukan dengan bantuan sewa stand toko.

  30. #4112056 #Kaeffi Nitalia Dewa / TECHNOPRENIURSHIP B (1
    1. Ide bisnis dengan model sharing economy.
    Ide bisnis yang saya ingin tuangkan kali ini adalah ide bisnis dengan model sharing economy yang berupa jasa antar jemput sekolah, mengapa saya mengambil ide tersebut ? karena banyak sekali siswa siswi dari mulai Paud,TK bahkan SMP banyak sekali kalau pergi sekolah masih diantar orang tuanya. dari kasus tersebut saya mempunyai ide bagaimana kalau dibuatkan system untuk meringankan orang tua agar tidak setiap saat harus menjempuat buah hatinya. Karena sudah pasti bnyak sekali orang tua yang bisa saja sibuk dengan rutinitas masing – masing.
    2. Proses bisnis
    Jadi aplikasi ini dinamakan dengan (ANJAS) aplikasi antar jemput sekolah. Disini orang tua bisa mengakses system jika ingin membooking jasa tersebut dengan memberikan alamat rumah, alamat sekolah jam berangkat serta jam pulang sekolah. Kemudian pengguna akan mendapatkan semacam struk yang isinya kode driver, nama, serta jumlah yang harus dibayar. Tidak hanya itu system tetap memonitoring keberadaan driver tersebut untuk melaporakan ke pada orang tua semacam notifikasi. Hingga penumpang sampai ke tempat tujuan.
    3. Strategi
    Strategi untuk melakukan monetize dari ide bisnis tersebut adalah membangun kepercayaan kepada orang tua bahwa anaknya bisa pulang dengan tepat waktu serta memberikan kenyamanan terhadap penumpang (anak) pada saat menggunakan jasa tersebut. Membangun sembonyan CEPAT, NYAMAN dan SELAMAT. Maksutnya adalah Cepat : cepat disini bukan berarti harus ngebut tetapi juga mematuhi lalu lintas,tidak ugal-ugalan dijalan raya, tetap berhati-hati. Nyaman : selalu memberikan kenyamanan serta menerima kritik saran yang diberikan oleh pelanggan. Selamat : ada jaminan jika terjadi apa-apa dijalan.
    Memberikan tampilan aplikasi yang mudah dipahami untuk setiap pengguna. Serta meminta feedbeck kepada setiap penguna yang telah menggunakan jasa tersebut.

  31. #4112034_DwiKhusnulBayturrohman
    1. Ide Bisnis
    –> Kolektif Qurban (Jasa Qurban)
    2. Proses Bisnis
    –> Mengumpulkan dana dari Pengguna Aplikasi atau masyarakat yang ingin melakukan Qurban pada saat hari raya ‘Idul Adha. Setiap pengguna harus mempunyai akun pada sistem tersebut, kemudian dari pengepul dana atau pemilik bisnis ini akan mengumpulkan dana yang telah masuk dan membelikan hewan qurban bagi pengguna. hal ini sangat membantu bagi masyarakat yang ingin berqurban akan tetapi dana yang dimiliki terbatas. Pada bisnis ini tidak terlepas dari batasan syari’at agama yang telah ditentukaan seperti halnya hewan Unta atau Sapi itu untuk 7 Orang sedangkan kambing hanya untuk 1 Orang. dan dalam bisnis ini setiap pengguna akan dibatasi berapa dana yang akan dibayarkan sesuai dengan hewan qurban yang ingin di Qurbankan. Ketika pengguna ingin berqurban sapi maka dana yang dikeluarkan juga agak besar, ketika ingin kambing dana yang akan dikeluarkan juga relatif kecil.
    3. Strategi Monetize
    –> Pemilik bisnis akan mendapat keuntungan dari pengguna yang ingin berqurban. ketika pengguna ingin berqurban sapi atau unta maka pengguna harus membayar sekian untuk jasa pengumpulan dana dan ketika pengguna ingin berqurban kambing maka pengguna harus membayar sekian untuk jasa pengumpulan dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *