Pengolahan Data Text Dengan Pemrograman Java Visual

Pada kali ini kita mencoba untuk menggabungkan kemampuan pemrograman GUI yang telah dipelajari sebelumnya dengan pengaksesan file teks yang dimiliki Java. Secara sederhana dibuat tiga program untuk kepentingan memasukkan data (listing PrglnputTeks.java), mengubah (listing PrgEditTeks.java), dan menghapusnya (listing PrgDelTeks.java). namun pada postingan kali ini sementara membuat program untuk memasukkan data.

Memasukkan Data
Berhubungan dengan file teks, diperlukan java.io agar dapat memanfaatkan Input/Output Stream dalam mengakses isi file ataupun mengubahnya. Pada bab ini, file siswa.txt digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Sebagaimana halnya file teks, untuk menjadikannya sebagai tempat penyimpanan data, Anda harus memberikan tanda tertentu untuk memisahkan satu data dengan data yang lain. Pada contoh di bawah ini, tanda koma merupakan pemisah antara data nama, alamat, kota, lahir dan agama. Dengan demikian, jangan gunakan tanda koma untuk sebagai salah satu data agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam pembacaan data. Anda dapat menggantinya dengan karakter lain yang tidak banyak digunakan, sehingga kemungkinan terjadi kekacauan saat  pembacaan data dapat diminimalkan.
Cara kerja cukup sederhana, anda buat file bernama siswa.txt dalam satu folder penyimpanan program ini, nah ketika tombol Simpan ditekan semua teks yang ada di text field akan diambil dan disimpan dalam satu baris file teks. Jika dalam penekanan tombol simpan ternyata anda belum mengisi nama,   data   tidak  akan   disimpan.   Anda   akan   diperingatkan mengisi kotak tetsebut sebelum menyimpannya kembali. Agar data yang disimpan tidak hilang, terdapat pembacaan data terlebih dahulu kemudian menggabungkannya dengan yang baru pada saat penyimpanan. Hal ini merupakan cara konvensional dalam penyimpanan data pada file teks.
Program di bawah ini menggunakan GridBag layout untuk mempercepat penyusunan tampilan. Anda dapat memperbaiki tampilan sesuai dengan layout yang diinginkan.

okey untuk mempraktekkannya anda bisa download sourcode nya disini

Facebook Twitter Email

Comments

  1. By iMut

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *