Penelitian Dengan Pendekatan Sensemaking

Pernahkah anda melakukan penelitian wawancara dengan narasumber? jika pernah, bagaimana ya menganalisis data dari wawancara tersebut? heemm. Pengambilan data dengan menggunakan wawancara dimana informan tersebut merupakan sumber data utama, maka dapat menggunakan metode interpretif yaitu suatu upaya untuk mencari penjelasan peristiwa yang berdasarkan perspektif dan pengalaman orang yang diteliti. mengapa menggunakan metode interpretif karena data yang digunakan berdasarkan perspektif dan pengalaman seseorang. nah menganalis datanya bagaimana?

untuk menganalisisnya dapat digunakan dengan pendekatan Sensmaking,  adalah seperangkat asumsi meta-teori yang mengarah secara eksplisit kepada sebuah pendekatan keseluruhan untuk menggunakan metodologi yang menyarankan metode yang tepat untuk membingkai (framing) pertanyaan, pengumpulan data, dan melakukan analisis untuk sampai kepada teori subtantif.

Menurut Langley (1999) dalam fatchul wahid dalam sensmaking ada beragam strategi: (1) narrative strategy; (2) quantification strategy; (3) alternate templates strategy; (4) grounded theory strategy; (5) visual mapping strategy; (6) temporal bracketing strategy; dan (7) synthetic strategy. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah narrative strategy yaitu dengan menarasikan Pendapat dari informan pada saat wawancara untuk mendapatkan ‘jalinan cerita’ antar dokumen (termasuk transkrip wawancara) kemudian ditarik keyword dari rangkaian kalimat yang menunjuk pada konsep tertentu.
Menurut Strom (2006) dalam ada beberapa alas an mengapa sensemaking digunakan dalam penelitian, yaitu:
a. Sensmaking memberikan hubungan yang baik pada pengguna dan mendorong mereka (informan) untuk berbicara.
b. Sensemaking membuat mungkin untuk mengidentifikasi problem yang pertama kali muncul tidak sama sekali berhubungan dengan system informasi.
c. Sensemaking memberian sebuah deskripsi yang lebih valid tentang problem yang mungkin dan bagaimana mereka dapat diselesaikan daripada jika engguna ditanya untuk menyarankan perbaikan sebuah hubungan yang sudah ada.

Semoga bermanfaat

Daftar Pustaka

1. Blog bapak fatchul Wahid, Ph.D : http://publikasiinternasional.wordpress.com/2012/09/21/menganalisis-data/

2. http://www.jstor.org/discover/10.2307/259349?uid=2134&uid=2482671133&uid=2&uid=70&uid=3&uid=2482671123&uid=60&sid=21104363133753

Facebook Twitter Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *