Pakar Digital Forensik Berikan Workshop di Unipdu Jombang

Network Arsitektur Enterprise
Network Arsitektur Enterprise

Pakar Digital Forensik Indonesia, Dr. Yudi Prayudi Akan memberikan Workshop “Penanganan Bukti DIgital dan Investigasi Media Sosial” pada hari rabu, 26 Pebruari 2020. kegiatan ini digelar oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Unipdu Jombang kerjasama dengan UII, CSNU, pegiat dan Komunitas IT.

Digital Forensics atau Forensik/forensika digital adalah cabang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan bukti yang berkaitan dengan file digital untuk digunakan dalam proses pengadilan perdata atau pidana.

Menurut Ali Murtadho – panitia dan Dosen Sistem Informasu Unipdu menyampaikan bahwa saat ini, media sosial saat ini selain sebagai sarana komunikasi dan hiburan juga sebagai kanal aktifitas yang melanggar hukum atau kejahatan. tidak sedikit kasus yang terungkap melalui investigasi yang mendalam melalui media sosial. “dan hal tersebut menjadi bukti digital, namun sayangnya SDM yang mengetahui dan mampu melakukan hal ini masih jarang oleh karenanya kami mengambil tema Penanganan Bukti Digital dan Investigasi Media Sosial”, Ungkap Ali saat dihubungi beritajombang.com

Selain mengundang Dosen – Akademisi dari perguruan tinggi, kegiatan ini juga mengundang pihak penegak Hukum seperti Polres Jombang, Kejaksaan Negeri Jombang, serta dari unsur pemerintah/Dinas terkait. selain itu juga mengundang komunitas IT dan asosiasi profesi dibidang teknologi informasi. yang akan menjadi narasumbernya nantinya adalah pakar Forensika Digital sekaligus kepala pusat Studi Forensika Digital – PUSFID dari Uviversitas Islam Indonesia – UII Yogyakarta.

menurut Ali, peserta yang ingin ikut bisa mendaftar melalui online di URL / Link bit.ly/fdunipdu . bagi peserta yang dikirimkan undangan, atau mendapatkan informasi bisa menghungi panitia – di Nomor Wa INI : 0856-3457-332 dengan Pak Ivan. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Ruang Meeting Room I Kampus Utama Unipdu Jombang, Komplek Ponpes Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang. kegiatan ini juga berkat kerjasama dari CSNU – Computer Society Nahdlatul Ulama, UII, dan media partner lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *