Apa Itu MikroTik

Secara Software Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi dan Perangkat lunak yang mampu membuat PC berbasis x86/Intel/AMD mampu melakukan fungsi router secara lengkap (routing. bridge, firewall, pengaturan bandwidth, wireless AP ataupun client, dan masih banyak fungsi lainnya). RouterOS dapat melakukan hampir semua fungsi networking dan juga beberapa fungsi server. RouterOS di Instal sebagai Operating System dan tidak membutuhkan system operasi lainnya.

Secara hardware Mikrotik adalah perangkat keras untuk jaringan (terutama Wireless) menggunakan RouterOS sebagai software, Seperti

  • wireless Bord (Misal RB400, RB600, RB1000)
  • Wireless interface (Misal R52, R52H, 5H, R52N, R2N)

Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia (bersebelahan dengan Rusia) pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins.

John Trully adalah orang Amerika yang berimigrasi ke Latvia dan berjumpa Arnis yang sarjana Fisika dan Mekanik di sekitar tahun 1995. Tahun 1996 John dan Arnis mulai me-routing dunia (visi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Molcova, tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia

Keunggulan Mikrotik RouterOS antara lain :

  • Membuat PC yang murah menjadi router yang handal
  • Pembaharuan versi secara berkala
  • Memiliki banyak fitur
  • Memiliki user interface yang mudah dan konsisten
  • Ada banyak cara untuk mengakses dan mengontrol
  • Instalasi yang cepat dan mudah
  • Memungkinkan upgrade hardware
  • Banyak alternatif interface yang dapat digunakan

Kepopuleran Mikrotik menyebar juga ke Indonesia. Pertama kali masuk tahun 2001 ke Jogja melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan, lalu meluas menjadi satu solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN.

Skema Training Mikrotik 2010, adalah sebagai berikut:

a.    Basic/Essential Training
MikroTik Certified Network Associate (MTCNA)

b.    Advanced Training

Certified Wireless Engineer (MTCWE)

Certified Routing Engineer (MTCRE)

Certified Traffic Control Engineer (MTCTCE)

Certified User Managing Engineer (MTCUME)
Certified Inter Networking Engineer (MTCINE)

Pada sessi terakhir training, Peserta yang telah mengikuti akan menjalani Test, Test tersebut  diadakan oleh Mikrotik.com secara online, dengan jumlah  25 Soal.  Nilai minimal kelulusan 60% , Yang mendapatkan nilai 50% hingga 59% , berkesempatan mengambil “second change” dan Yang lulus akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional.

Sumber : Modul Pelatihan MTCNA Citra.net dan di olah dari berbagai sumber :p

Facebook Twitter Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *